FAKTOR DAYA TARIK PRODI PENDIDIKAN EKONOMI BKK PTN FKIP UNS DALAM PERSEPSI MAHASISWA

Khayati, Ari Nur (2009) FAKTOR DAYA TARIK PRODI PENDIDIKAN EKONOMI BKK PTN FKIP UNS DALAM PERSEPSI MAHASISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1394Kb)

    Abstract

    Ari Nur Khayati. FAKTOR DAYA TARIK PRODI PENDIDIKAN EKONOMI BKK PTN FKIP UNS DALAM PERSEPSI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa BKK PTN Angkatan 2006). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2009. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi daya tarik BKK PTN dalam persepsi mahasiswa angkatan 2006 dan faktor apakah yang paling dominan menjadi daya tarik BKK PTN. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi sebagai subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa BKK PTN angkatan 2006 yang berjumlah 70 orang. Dalam penelitian ini seluruh anggota populasi digunakan sebagai subyek penelitian. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa berdasar hasil uji statistik terdapat 12 variabel yang mengelompok ke dalam 4 faktor yang menjadi daya tarik BKK PTN dalam persepsi mahasiswa angkatan 2006 yaitu : (1) Faktor citra lembaga pendidikan dengan nilai eigenvalue tertinggi yaitu 3,663 terdiri dari variabel persepsi, kepercayaan dan sikap, motivasi, produk, dan belajar. Dalam faktor ini diwakili oleh variabel persepsi karena memiliki nilai loading tertinggi yaitu 0,727. (2) Faktor Sumber Daya Manusia (SDM) dengan nilai eigenvalue sebesar 1,442 dan terdiri dari variabel proses, orang dan peranan dan status. Dalam faktor ini diwakili oleh variabel proses karena memiliki nilai loading tertinggi 0,821. (3) Faktor Fasilitas Pendukung dengan memiliki nilai eigenvalue sebesar 1.363 dan terdiri dari sarana fisik dan promosi. Dalam faktor ini diwakili oleh variabel sarana fisik karena memiliki nilai loading tertinggi 0,846 (4) Faktor Keterjangkauan Informasi dengan memiliki nilai eigenvalue sebesar 1,169 dan terdiri dari variabel tarif dan tempat. Dalam faktor ini diwakili oleh variabel tarif karena memiliki nilai loading tertinggi 0,805. Kesimpulan selanjutnya dengan melihat hasil uji statistik analisis faktor didapat faktor yang paling dominan menjadi daya tarik BKK PTN dalam persepsi mahasiswa angkatan 2006 adalah faktor citra lembaga pendidikan yaitu citra BKK PTN karena memiliki nilai eigenvalue yang tertinggi yaitu sebesar 3,663.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 16 Jul 2013 01:47
    Last Modified: 16 Jul 2013 01:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5220

    Actions (login required)

    View Item