PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas X MAN Karanganyar Tahun Pelajaran 2008/2009 Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Santoso, Hadi (2009) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas X MAN Karanganyar Tahun Pelajaran 2008/2009 Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (780Kb)

    Abstract

    Hadi Santoso, S830907008.2008.“Pengaruh Penggunaan Laboratorium Riil Dan Laboratorium Virtuil Pada Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. (Studi Kasus Siswa Kelas X MAN Karanganyar Tahun Pelajaran 2008/2009). Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan laboratorium riil dan laboratorium virtuil terhadap prestasi belajar Fisika, 2) Pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar Fisika, 3) Interaksi antara metode eksperimen dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar Fisika. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei 2008 sampai dengan Nopember 2008. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Karanganyar Tahun Pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 337 siswa. Sampel berjumlah 97 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sebagai variabel bebas dalam penelitian ini adalah eksperimen dan kemampuan berpikir kritis. Untuk variabel terikatnya prestasi belajar Fisika pada ranah kognitif. Data penelitian untuk prestasi belajar ranah kognitif diperoleh menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan metode eksperimen menggunakan laboratorium virtuil dan laboratorium riil, dimana untuk siswa yang melakukan eksperimen menggunakan laboratorium virtuil memberikan rataan prestasi belajar ranah kognitif yang sama dengan siswa yang melakukan eksperimen menggunakan laboratorium riil, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar, dimana siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi memberikan rataan prestasi belajar pada ranah kognitif yang lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki berpikir kritis rendah, 3) Tidak ada interaksi antara metode eksperimen dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar Fisika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 16 Jul 2013 00:03
    Last Modified: 16 Jul 2013 00:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5203

    Actions (login required)

    View Item