PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Permanasari, Garnies (2009) PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (604Kb)

    Abstract

    Garnies Permanasari. PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui apakah penerapan pembelajaran tematik dengan metode kepala bernomor terstruktur dapat meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi siswa; 2) mengetahui penerapan pembelajaran tematik dengan metode kepala bernomor terstruktur terhadap meningkatnya penguasaan konsep biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 tindakan yang berulang atau siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi untuk merencanakan tindakan berikutnya. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian adalah penerapan pendekatan pembelajaran tematik dengan metode kepala bernomor terstruktur. Pembelajaran tematik dengan metode kepala bernomor terstruktur merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, dan dalam pelaksanaannya disertai diskusi kelompok dengan penomoran tiap anggota dan tugas berantai bagi masing-masing nomor. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Data diperoleh dari kajian dokumen, observasi, penyebaran angket, wawancara, dan tes evaluasi kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode melalui angket, lembar observasi, wawancara, dan tes. Motivasi belajar diukur melalui angket dan wawancara, partisipasi siswa diukur melalui angket dan lembar observasi, dan penguasaan konsep biologi diukur dengan tes evaluasi kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran tematik dengan metode kepala bernomor terstruktur dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan partisipasi siswa; 2) penerapan pembelajaran tematik dengan metode kepala bernomor terstruktur dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi siswa. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari kenaikan rata-rata prosentase motivasi belajar siswa pra siklus sebesar 63,3%, siklus I sebesar 69,47 %, dan siklus II sebesar 77,12%. Peningkatan partisipasi siswa dapat dilihat dari kenaikan rata-rata prosentase pada item pernyataan positif, dan penurunana prosentase item pernyataan negatif baik pada hasil angket maupun hasil lembar observasi partisipasi siswa. Peningkatan penguasaan konsep diukur dari nilai ratarata tes kemampuan awal, tes evaluasi siklus I, tes evaluasi siklus II. Nilai rata- rata tes kemampuan awal sebesar 65,7; siklus I sebesar 72; dan siklus II sebesar 79.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 15 Jul 2013 23:30
    Last Modified: 15 Jul 2013 23:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5186

    Actions (login required)

    View Item