PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SERVIS ATAS PADA PERMAINAN BOLAVOLI

-, KHOIRUDIN (2011) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SERVIS ATAS PADA PERMAINAN BOLAVOLI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (732Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar keterampilan servis atas permainan bolavoli. (2) Perbedaan hasil belajar keterampilan servis atas permainan bolavoli antara siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi dan kemampuan motorik rendah. (3) Pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar keterampilan servis atas bolavoli. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 X 2. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Pacitan Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2010/2011 sejumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan purposif random sampling sesuai ketentuan dan yang memenuhi syarat sejumlah 40 siswa. Sampel yang telah ditentukan sejumlah 20 siswa mewakili siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi dan 20 siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah. Adapun variabel dalam penelitian adalah Variabel bebas yang terdiri dari dua faktor yaitu variabel manipulatif dan variabel atributif dan satu variabel terikat. Variabel manipulatif yang terdiri dari pendekatan pembelajaran langsung dan pendekatan pembelajaran tidak langsung. Variabel atributif terdiri dari kelompok siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi dan kemampuan motorik rendah. Variabel terikat dalam penelitian adalah servis atas bolavoli. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Data tes dan pengukuran servis atas bolavoli. Data kemampuan motorik menggunakan tes: standing broad jump, soft ball throw, wall pass, medicine ball put, lari zig-zag, dan lari cepat 50 meter. Teknik analisa data menggunakan analisis of varian dua jalan dan uji rentang Newman-Keuls dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan : (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar servis atas bolavoli. Pendekatan pembelajaran langsung lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran tidak langsung. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar servis atas bolavoli antara kelompok siswa yang memilki kemampuan motorik tinggi dan rendah. Kelompok siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi hasil belajarnya lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar servis atas bolavoli. (a) Bagi siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi lebih tepat apabila menggunakan pendekatan pembelajaran langsung. (b) Bagi siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah lebih tepat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tidak langsung. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Langsung, Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung, Kemampuan Motorik, Keterampilan Servis Atas Bolavoli.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 15 Jul 2013 23:20
    Last Modified: 15 Jul 2013 23:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5175

    Actions (login required)

    View Item