STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PT AIR MANCUR PALUR KARANGANYAR

Sujoko, (2009) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PT AIR MANCUR PALUR KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (991Kb)

    Abstract

    Dalam suatu perusahaan strategi pemasaran sangat penting bagi tercapainya tujuan perusahaan. Hal ini tidak lepas dari kaitannya dengan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan. Untuk menjaga eksistensi perusahaan dalam usahannya mencapai tujuan, perusahaan harus mampu melaksanakan fungsi manajemen dan strategi pemasaran dengan baik. Strategi pemasaran di sini merupakan strategi untuk melayani pasar atau segmen pasar yang dijadikan target, yang meliputi kombinasi dari bauran pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan untuk melayani pasar. Bauran pemasaran (Marketing Mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan secara terusmenerus untuk mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran. Bauran pemasaran meliputi 4P dalam pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Bauran pemasaran hendaknya diatur sedemikian rupa oleh perusahaan sehingga akan dapat mempengaruhi konsumen untuk menjadi tertarik, senang, kemudian membeli dan akhirnya puas akan produk yang ditawarkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu PT Air Mancur memproduksi produk baru Prolinu WRG sebagai langkah pengembangan produk. Penetapan harga yang ditetapkan menggunakan metode “ Cost Plus Princing “ yaitu harga pokok ditambah biaya lain-lain dan keuntungan yang diharapkan. Distribusi dilakukan dengan dua saluran yaitu saluran distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Strategi promosi yang digunakan meliputi periklanan (papan reklame, televisi, majalah, radio, umbul-umbul dan katalog), promosi penjualan (memberikan hadiah, propaganda, sponsor, pengadaan stand) personal selling dan publisitas. Beberapa saran yang penulis dapat sampaikan untuk melengkapi Tugas Akhir ini yaitu sebaiknya perusahaan dalam melakukan pengembangan produk tidak mengesampingkan terhadap produk yang lama, jika produk yang lama tersebut masih berpotensi dalam peningkatan penjualan. Dalam menentukan harga sebaiknya PT Air Mancur memperhatikan harga yang ditetapkan pesaing mengingat bisnis ini sangat kompetitif. Sebaiknya perusahaan memperbanyak agen distribusi supaya produk perusahaan sampai ke tangan konsumen secara cepat. Dalam meningkatkan penjualan PT Air Mancur dapat melakukan usahausaha promosi seperti pembuatan web site untuk memberikan informasi yang jelas tentang perkembangan produk PT Air Mancur. Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Distribusi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 15 Jul 2013 23:17
    Last Modified: 15 Jul 2013 23:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5173

    Actions (login required)

    View Item