KUALITAS PELAYANAN WEBSITE RESMI MILIK PEMERINTAH KOTA SURAKARTA (www.surakarta.go.id)

RAHMAN, HENDRA (2010) KUALITAS PELAYANAN WEBSITE RESMI MILIK PEMERINTAH KOTA SURAKARTA (www.surakarta.go.id). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Perkembangan dan pemanfaatan teknologi digital (electronic digital service) telah melahirkan sebuah bentuk birokrasi pemerintahan yang baru, yang di istilahkan sebagai Electronic Government (untuk selanjutnya akan penulis singkat e-Gov). E-Gov adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah (seperti : Wide Area Network, Internet dan mobile computing) yang memungkinkan pemerintah untuk mentransformasikan hubungan dengan masyarakat, dunia bisnis dan pihak yang berkepentingan, dalam prakteknya, e-gov adalah penggunaan internet untuk melaksanakan urusan pemerintah dan penyediaan pelayanan publik yang lebih baik dan cara yang berorientasi pada pelayanan masyarakat (www.worldbank.org, disitasi Indrajit, 2006). Hal tersebut menyebabkan e-Gov atau pemerintahan berbasis elektronik semakin berperan penting bagi semua pengambil keputusan. Sedangkan pemerintah Tradisional yang identik dengan paper-based administration mulai ditinggalkan. Secara ringkas tujuan yang ingin dicapai dengan implementasi e-Gov adalah untuk menciptakan customer online yang tidak terbatas oleh jam kerja. E-Gov bertujuan memberikan pelayanan tanpa adanya intervensi pegawai institusi publik dan sistem antrian yang panjang hanya untuk mendapatkan suatu pelayanan yang sederhana. Penggunaan teknologi yangmempermudah masyarakat untuk mengakses informasi dapat mengurangi korupsi dengan cara meningkatkan transparansi dan akuntabilitas lembaga publik. E-Gov dapat memperluas partisipasi publik dimana masyarakat dimungkinkan untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan/kebijakan oleh pemerintah. E-Gov juga diharapkan dapat memperbaiki produktifitas dan efisiensi birokrasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Adapun konsep dari e-Gov adalah menciptakan interaksi yang ramah, nyaman, transparan dan murah antara pemerintah dan masyarakat (G2C-government to citizens), pemerintah dan perusahaan bisnis (G2B-government to business enterprises), dan hubungan antar pemerintah (G2G-inter-agency relationship) Berdasarkan sumber dari internetworldstats.com tanggal 30 Juni 2010, jumlah populasi penduduk Indonesia pada tahun 2010 adalah 242.968.342 jiwa. Pada tahun 2000 pengguna Internet adalah 2.000.000 orang yang kemudian meningkat menjadi 30.000.000 pengguna pada tahun 2010. Jumlah tersebut menduduki peringkat ke 5 di Asia. Peringkat pertama diduduki oleh China dengan jumlah sekitar 384 juta pengguna Internet. Daftar sepuluh negara di Asia dengan jumlah pengguna Internet terbanyak dapat dilihat ...........

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 15 Jul 2013 22:49
    Last Modified: 15 Jul 2013 22:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5155

    Actions (login required)

    View Item