Potensi sendang sriningsih sebagai objek wisata religi di Gayamharjo, Klaten Jawa Tengah

Pryani , Meyta (2010) Potensi sendang sriningsih sebagai objek wisata religi di Gayamharjo, Klaten Jawa Tengah. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (174Kb)

    Abstract

    Abstrak Tujuan penulisan adalah untuk memberikan pengetahuan tentang Sendang Sriningsih sebagai tempat tujuan wisata religi dan masukan pengetahuan tempat berjiarah serta meningkatkan pengetahuan masyarakat kristiani tentang Sendang Sriningsih sebagai objek religi umat kristiani dan mengetahui pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi warga sekitarnya. Dalam laporan penulisan tugas akhir ini memakai metode penelitian observasi, wawancara, study dokumen dan dengan penelitian yang minitik beratkan pada Sendang Sriningsih sebagai tempat pejiarahan orang kristiani. Sedangkan penelitian kepustakaan ( Library Research ) digunakan untuk mencari teori-teori sebagai dasar penelitian yang diperoleh dari buku-buku, majalah ilmiah dan tulisan lainnya yang berhubungan dengan penelitian yang dilaksanakan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Sendang Sriningsih merupakan obyek pejiarahan yang mempunyai daya tarik dan keunikan yang perlu dikembangkan. Dengan adanya usaha-usaha pembangunan kembali bangunanbangunan yang sudah rusak dan merawat kembali bangunan-bangunan tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pejiarah. Dengan adanya usahausaha tersebut menunjukkan bahwa, Sendang Sriningsih telah mengalami peningkatan kunjungan pejiarah. Dengan keterbatasan tempat atau kawasan yang merupakan salah satu penghambat pengembangan Sendang Sriningsih, Usaha lain yang bisa dilakukan adalah peningkatan pelayanan pada para pejiarah. Dengan adanya usaha pemasaran dan pengembangan obyek wisata Sendang Sriningsih obyek pejiarah tesebut akan banyak dikenal oleh masyarakat luas dan dengan adanya pembangunan yang telah dilaksanakan akan banyak menarik para pejirah untuk berkunjung dan meningkatkan jumlah kunjungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemasaran sebuah obyek pejiarahan yang perlu dilakukan untuk mengenalkan obyek tersebut yang mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat, memperkenalkan sejarah yang dimiliki dan mengembangkan sebuah obyek yang hampir terancam punah dengan usaha-usahanya membangun dan mencari dana bantuan untuk pembangunan agar sebuah obyek pejiarahan menjadi lebih menarik tanpa mengurangi potensi dan mengubah bentuk bangunan aslinya karena memiliki unsur budaya yang sangat tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 25 Nov 2010 21:32
    Last Modified: 25 Nov 2010 21:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/513

    Actions (login required)

    View Item