LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA Peran PR Inna Garuda dalam menjalin kerjasama dengan pers ( media massa )

Octaviani, Inneke (2009) LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA Peran PR Inna Garuda dalam menjalin kerjasama dengan pers ( media massa ). Other thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (262Kb)

    Abstract

    Industri perhotelan saat ini semakin lama semakin maju seiring dengan perkembangan jaman. Di dukung dengan bertambah pesatnya dunia pariwisata yang berkembang di Indonesia saat ini, industri perhotelan pun menjadi salah satu lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Lokasi yang berdekatan dengan tempat- tempat strategis menjadi suatu nilai plus bagi hotel tersebut untuk menarik konsumen sebanyak- banyaknya. Inna Garuda merupakan salah satu hotel bersejarah yang ada di kota Yogyakarta. Lokasi yang strategis yaitu tepat di jantung kota Yogyakarta dan bangunan bersejarahnya yang tetap dilestarikan, menjadikan keunikan tersendiri bagi hotel yang masih berada dibawah naungan PT. HIN ( Hotel Indonesia Natour ) tersebut. Public Relations (PR) atau kadang disebut dengan istilah Hubungan Masyarakat (humas) memiliki posisi yang sangat penting dalam sebuah organisasi, terutama bila organisasi tersebut sering berinteraksi dengan masyarakat luas. Profesi yang satu ini sedang Booming di Indonesia sejalan dengan semakin diminatinya jurusan / fakultas ilmu komunikasi. Sayangnya hal ini tidak disertai dengan pemahaman yang baik tantang apa itu PR, fungsi, peran, job description, dan kualifikasi apa saja yang harus dimiliki oleh PR. Bidang komunikasi dan Public Relations menjadi salah satu ujung tombak sektor industri jasa untuk bersaing dalam era globalisasi. Ini disebabkan sektor industri swasta akan saling bersaing menciptakan image positif untuk mendongkrak citra perusahaan. Dalam era globalisasi, bidang kehumasan akan sangat berperan. Perusahaan yang tak memanfaatkan bidang tersebut bakal tertinggal karena tak menguasai perolehan dan penyebaran informasi. Public Relations sangat menentukan perwajahan Inna Garuda Hotel di mata masyarakat luas. Hal tersebut disebabkan karena PR-lah yang merupakan salah satu front liner penting dalam berkomunikasi dengan masyarakat. PR menentukan kesan positif sebuah organisasi di mata masyarakat. Dalam membangun citra positif perusahaan maka meliputi banyak hal diantaranya logo, nama perusahaan, bangunan, kinerja yang mencangkup yaitu sikap professional karyawan, kiat pelayanan prima, hubungan baik dengan publik, kemampuan dan motivasi karyawan , maka dari hal di atas dapat diketahui bahwa salah satu yang membentuk citra perusahaan adalah melalui pelayanan. PR sangat penting untuk bisa mengelola manajemen komunikasi. Public Relations di Inna Garuda Hotel itu sendiri masih termasuk dalam bidang Marketing. Oleh sebab itu kinerja Marketing Inna Garuda Hotel tidak lepas dari peran Public Relations di dalamnya. Public Relations sebagai hubungan komunikasi antara publik dan organisasi maka memiliki tugas utama yaitu untuk menjalin komunikasi dengan public. Banyak hal yang perlu diinformasikan oleh seorang Public Relations tentang perusahaan kepada publiknya yaitu mengenai identitas perusahaan meliputi nama perusahaan, logo, motto, produk, layanan, bangunan, seragam dll. Oleh karena itu PR memerlukan media yang efektif sebagai sarana pendekatan kepada publiknya. Seorang praktisi PR yang profesional harus bisa menjalin kerjasama yang baik dengan pers (media massa). Dengan adanya media relations akan sangat menunjang proses kerja seorang PR profesional, agar hasil yang diharapkan bisa maksimal dan efektif. Salah satu media publikasi yang digunakan PR Inna Garuda Hotel adalah Media Cetak. Media cetak dianggap sebagai media relations yang cukup efektif untuk memberikan informasi- informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat langsung mengetahui perkembangan- perkembangan terbaru yang ada di Inna Garuda Hotel. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk berkonsentrasi pada peran PR dalam menjalin hubungan kerjasama dengan pers (media massa) sebagai salah satu upaya untuk membentuk Opini Publik dan menciptakan Brand Awareness .

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 15 Jul 2013 22:16
    Last Modified: 15 Jul 2013 22:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5110

    Actions (login required)

    View Item