HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KEBUTUHAN DASAR MANUSIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN UNIVERSITAS BONDOWOSO

Wicaksi, Damon (2010) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KINERJA DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KEBUTUHAN DASAR MANUSIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN UNIVERSITAS BONDOWOSO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (550Kb)

    Abstract

    Prestasi belajar menjadi salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Di beberapa institusi pendidikan keperawatan, prestasi belajar mahasiswa dalam beberapa tahun terakhir kurang memuaskan. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran terdapat beberapa kendala. Salah satu kendala tersebut adalah motivasi belajar mahasiswa rendah. Kegiatan belajar yang didasari dengan motivasi lemah akan dilaksanakan secara tidak sungguhsungguh, tidak terarah, sehingga kemungkinan besar tidak membawa hasil (Syaodih, 2008). Penelitian Nabhani (2007), membuktikan bahwa prestasi belajar mahasiswa keperawatan menjadi kurang memuaskan karena motivasi belajar mahasiswanya tersebut rendah. Prestasi belajar adalah nilai prestasi yang mencerminkan tingkat-tingkat mahasiswa, sejauh mana telah dapat mencapai tujuan yang ditetapkan setiap mata kuliah (Sardiman, 2008 : 13). Prestasi belajar dapat dikatakan sebagai istilah yang menunjukkan suatu derajat keberhasilan seseorang dalam proses belajar untuk mencapai tujuan belajar. Kalau dihubungkan dengan prestasi belajar mahasiswa selama mengikuti perkuliahan dengan kuatnya motivasi yang dimanifestasikan dengan adanya konsentrasi dalam menghadapi materi perkuliahan maka dengan sendirinya akan menghasilkan prestasi yang memuaskan (Syaiful Bahri, 2002 : 9).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 15 Jul 2013 21:57
    Last Modified: 15 Jul 2013 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5077

    Actions (login required)

    View Item