UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PAPAN BERPAKU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI I TANGGULANGIN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Antika, Rindhy (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PAPAN BERPAKU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI I TANGGULANGIN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (536Kb)

    Abstract

    Rindhy Antika. UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MEDIA PAPAN BERPAKU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI I TANGGULANGIN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi . Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2011. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar melalui media papan berpaku dalam pembelajaran matematika siswa kelas III. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pemahaman konsep luas bangun datar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media papan berpaku. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan , tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri I Tanggulangin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep luas bangun datar dengan ditandai meningkatnya hasil tiap siklus untuk materi luas bangun datar Matematika. Semula nilai rata-rata pada siklus I 64,5 dengan persentase siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 21 siswa (67,70%). Sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu siswa yang mencapai KKM (nilai 60) lebih dari 80% maka penelitian ini belum berhasil dan perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada akhir siklus II nilai rata-rata mencapai 74,5 dengan persentase siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 26 siswa (84%). Dari hasil siklus II tersebut dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan dan mengalamai peningkatan dari 67,70 % menjadi 84 %. Dari hasil diatas maka dapat dikatakan bahwa penelitian tersebut sudah sesuai dengan indikator kinerja penggunaan media papan berpaku dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri I Tanggulangin. Sedangkan peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari nilai aktivitas siswa yaitu siklus I 81% dan siklus II menjadi 95% Selain nilai dan aktivitas siswa peningkatan juga dapat dilihat dari aktivitas guru yaitu siklus I 81% dan pada siklus II menjadi 93%. Penggunaan media papan berpaku dapat menemukan solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar pada pembelajaran Matematika siswa kelas III SDN I Tanggulangin

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 22:06
    Last Modified: 15 Jul 2013 22:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5072

    Actions (login required)

    View Item