PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING GAYA CROSS

NUGROHO , SINUNG (2010) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING GAYA CROSS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Sinung Nugroho, Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Persepsi Kinestetik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Lempar Lembing Gaya Cross. Tesis. Surakarta. Program Pascasarjana UNS Surakarta, Oktober 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap peningkatan hasil belajar lempar lembing gaya cross pada mahasiswa putera JPOK UTP Surakarta. (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar lempar lembing gaya cross antara persepsi kinestetik tinggi dan persepsi kinestetik rendah pada mahasiswa putera JPOK UTP Surakarta. (3) Ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap peningkatan hasil belajar lempar lembing gaya cross pada mahasiswa putera JPOK FKIP UTP Surakarta. Penelitian ini di laksanakan di Stadion Manahan Surakarta selama 8 minggu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah mahasiswa putera JPOK UTP Surakarta. Besar sampel penelitian berjumlah 40 orang yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Variabel Penelitian adalah sebagai berikut : 1) Variabel bebas (independen) yaitu variabel yang mempengaruhi variabel lain: a) Variabel manipulatif, yaitu terdiri dari pendekatan pembelajaran bagian dan keseluruhan. b) Variabel atributif, yaitu persepsi kinestetik tinggi dan persepsi kinestetik rendah, 2) Variabel dependen (terikat) yaitu peningkatan hasil belajar lempar lembing gaya cross. Seluruh data yang diperlukan diperoleh melalui tes dan pengukuran. Data persepsi kinestetik dan peningkatan hasil belajar lempar lembing gaya cross dengan menggunakan distance perception jump. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Rentang Newman-Kleus pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap hasil belajar lempar lembing gaya cross. (2) Ada perbedaan hasil belajar lempar lembing gaya cross yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi dan persepsi kinestetik rendah. (3) Ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran bagian dan tingkat persepsi kinestetik terhadap hasil belajar lempar lembing gaya cross: a) Mahasiswa dengan persepsi kinestetik tinggi lebih cocok jika diberikan pendekatan pembelajaran keseluruhan. b) Mahasiswa yang memiliki persepsi kinestetik rendah lebih cocok jika diberikan pendekatan pembelajaran bagian. Kata – kata kunci : Pendekatan pembelajaran, persepsi kinestetik, dan peningkatan hasil belajar lempar lembing gaya cross.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Users 829 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 21:47
    Last Modified: 15 Jul 2013 21:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5059

    Actions (login required)

    View Item