PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN HASIL PENELITIAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA POKOK BAHASAN LIMBAH SISWA KELAS X.3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA

Puspitasari, Silvia (2011) PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN HASIL PENELITIAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA POKOK BAHASAN LIMBAH SISWA KELAS X.3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1089Kb)

    Abstract

    Silvia Puspitasari. K4306037. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN HASIL PENELITIAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA POKOK BAHASAN LIMBAH SISWA KELAS X.3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan bertanya siswa kelas X.3 SMA Al Islam 1 Surakarta melalui penggunaan modul pembelajaran hasil penelitian pada pokok bahasan Limbah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X.3 SMA Al Islam 1 Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan modul pembelajaran hasil penelititan pada pokok bahasan Limbah dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa dalam pembelajaran Biologi. Hal ini didasarkan pada hasil angket, observasi dan wawancara. Rata-rata nilai prosentase capaian setiap indikator dari angket keaktifan bertanya siswa untuk siklus I sebesar 73.40% dan siklus II 81.12%. Rata-rata nilai prosentase capaian setiap indikator yang didapatkan dari hasil observasi keaktifan bertanya siswa untuk siklus I sebesar 68.57% dan siklus II 83.90%. Sedangkan rata-rata nilai prosentase capaian setiap indikator yang didapatkan dari hasil observasi keaktifan bertanya siswa untuk siklus I sebesar 67.14% dan siklus II 77.62% Hasil wawancara menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran hasil penelitian dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran hasil penelitian pada pokok bahasan Limbah dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa kelas X.3 SMA Al Islam Surakarta pada pembelajaran Biologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 15 Jul 2013 21:50
    Last Modified: 15 Jul 2013 21:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5056

    Actions (login required)

    View Item