UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SECARA SIRKUIT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIRKANDI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Sunarto, Prabowo (2011) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SECARA SIRKUIT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIRKANDI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (443Kb)

    Abstract

    Prabowo Sunarto. UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SECARA SIKUIT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIRKANDI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi, Surakatra: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juni 2011. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan Pembelajaran Sepak Bola melalui Pendekatan bermain secara sirkuit pada siswa kelas V SDN 2 Sirkandi UPT Dindikpora Purwareja Klampok Banjarnegara tahun Pelajaran 2010/2011 yang ditandai sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran dan peningkatan hasil tes unjuk kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), pertemuan dalam penelitian ini berjumlah 4 kali dan setiap pertemuan menunjukan tahapan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan meteri sepak bola. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 2 Sirkandi kelas V semester dua tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket dan tes unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi sepakbola dapat meningkatkan siswa aktif, siswa senang, siswa antusias, dan meningkatkan pembelajaran siswa. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan dari kondisi awal, ke siklus I dan siklus II. Siswa aktif pada kondisi awal (63%), siklus I (80%), siklus II (90%), siswa senang kondisi awal (66%), siklus I (83%), siklus II (90%), siswa antusias kondisi awal (60%), siklus I (76%), siklus II (86%). Nilai hasil belajar pada kondisi awal, rata-rata putra (74) putri (74), siklus I putra (77) putri (76), siklus II putra (80) putri (79).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 21:02
    Last Modified: 15 Jul 2013 21:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5020

    Actions (login required)

    View Item