PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMP N 1 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

M., Fredy Budi (2011) PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMP N 1 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2067Kb)

    Abstract

    Fredy Budi M. PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMP N 1 NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)Perbedaan antara gaya mengajar latihan dan resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2010/2011. (2) Pengaruh gaya mengajar yang lebih baik antara latihan dan resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan MSOP design. Subjek penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP N 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan servis atas bolavoli dengan tes keterampilan servis atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1)Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar latihan dan resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2010/2011, dengan nilai thit 4.010 > ttab 2.120. (2)Pembelajaran servis atas bolavoli dengan gaya mengajar latihan memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2010/2011. Pembelajaran servis atas bolavoli dengan gaya mengajar latihan memiliki peningkatan 47.154% > gaya mengajar resiprokal 27.500%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 15 Jul 2013 20:51
    Last Modified: 15 Jul 2013 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5011

    Actions (login required)

    View Item