Pemanfaatan audio visual (film kartun) sebagai media bantu siswa dalam penguasaan kosakata bahasa mandarin di SMA Negeri 4 Surakarta

Herdiannanda , Dea (2010) Pemanfaatan audio visual (film kartun) sebagai media bantu siswa dalam penguasaan kosakata bahasa mandarin di SMA Negeri 4 Surakarta. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (500Kb)

    Abstract

    Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi penggunaan metode ceramah dan tanya jawab yang monoton menyebabkan kurangnya ketertarikan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran kosakata Bahasa Mandarin, sehingga peneliti mencoba menggunakan media audio visual (film kartun) sebagai media bantu pembelajaran. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan media audio visual (film kartun) dalam membantu siswa SMA Negeri 4 Surakarta menguasai kosakata Bahasa Mandarin. Selama proses kegiatan belajar mengajar diharapkan pemanfaatan audio visual (film kartun) dapat membantu pembelajaran Bahasa Mandarin selain melalui metode ceramah dan tanya jawab. Adapun dalam penulisan Tugas Akhir ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan audio visual (film kartun) mampu membantu pembelajaran kosakata Bahasa Mandarin siswa SMA 4 Surakarta. Hal ini disebabkan metode ceramah dan tanya jawab lebih maksimal dengan memanfaatkan audio visual (film kartun). Dengan digunakannya metode ceramah dan tanya jawab serta pemanfaatan audio visual (film kartun) tingkat penguasaan kosakata Bahasa Mandarin dapat dibandingkan. Hal ini dibuktikan nilai evaluasi siswa yang penulis berikan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual (film kartun) mampu membantu siswa menguasai serta menambah kosakata Bahasa Mandarin di SMA Negeri 4 Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 25 Nov 2010 21:12
    Last Modified: 25 Nov 2010 21:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/501

    Actions (login required)

    View Item