STUDI KOMPARASI ANTARA METODE DISKUSI DENGAN METODE ROLE PLAYING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS VII SMP N 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

Sari, Agustin Wulan (2009) STUDI KOMPARASI ANTARA METODE DISKUSI DENGAN METODE ROLE PLAYING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS VII SMP N 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (412Kb)

    Abstract

    AGUSTIN WULAN SARI. Studi Komparasi antara Metode Diskusi dengan Metode Role Playing ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Pembelajaran PKn Kelas VII SMP N 16 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni. 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan metode diskusi dengan metode role playing ditinjau dari kreativitas siswa pada pembelajaran PKn kelas VII SMP N 16 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 16 Surakarta tahun ajaran 2008/2009, yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 191 siswa. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII C kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data untuk skor afektif kreativitas siswa menggunakan metode angket, sedangkan skor psikomotor kreativitas siswa menggunakan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik t-test ( uji t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung =5,471 dan ttabel= 1,99 pada α=5% dimana thitung> ttabel (5,471 > 1,99), maka Ha yang berbunyi “Ada perbedaan antara metode diskusi dengan metode role playing ditinjau dari kreativitas siswa” diterima. Ada perbedaan tersebut dapat ditunjukkan dengan µ2 > µ1 (164,24 > 149,44) yang berarti skor rata-rata kreativitas siswa pada kelas eksperimen 2 yang mengunakan metode role playing lebih baik dibanding kelas eksperimen 1 yang menggunakan metode diskusi pada pembelajaran PKn. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara metode diskusi dengan metode role playing ditinjau dari kreativitas siswa pada pembelajaran PKn kelas VII SMP N 16 Surakarta tahun ajaran 2008/2009, dimana metode role playing lebih baik dibanding metode diskusi bila ditinjau dari kreativitas siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 15 Jul 2013 20:21
    Last Modified: 15 Jul 2013 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4991

    Actions (login required)

    View Item