HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEPRIBADIAN DAN KEMAMPUAN DOSEN DALAM MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN KUTAI HUSADA TENGGARONG

Hermawati, (2010) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEPRIBADIAN DAN KEMAMPUAN DOSEN DALAM MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN KUTAI HUSADA TENGGARONG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (603Kb)

    Abstract

    Latar Belakang: Proses belajar mengajar terdapat dua subyek yang berperan yaitu dosen dan mahasiswa. Hal ini mengimplikasikan bahwa proses belajar mengajar merupakan suatu proses interaksi dosen dan mahasiswa yang didasari oleh hubungan yang bersifat mendidik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Dosen memiliki tugas dan tanggungjawab yang kompleks terhadap pencapaian belajar. Dosen tidak hanya dituntut menguasi ilmu yang akan diajarkannya, tetapi juga dituntut menampilkan kepribadian yang mampu menjadi teladan bagi mahasiswanya dan memberi motivasi belajar mahasiswa. Tujuan: (1) Untuk mengetahui hubungan kepribadian dosen dengan motivasi belajar mahasiswa, (2) hubungan kemampuan mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa, dan (3) hubungan kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa. Metode : kuantitatif korelasional, dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong Tingkat II dan III, dengan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu diadakan uji prasyarat analisis data untuk regresi linier. Hasil : (1) Terdapat hubungan yang bermakna antara kepribadian dosen dengan motivasi belajar mahasiswa, (r = 0,275, p = 0,004); (2) terdapat hubungan yang bermakna antara kemampuan dosen mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa, (r = 0,369, p = 0,000); (3) Variabel yang paling berhubungan dengan motivasi belajar mahasiswa adalah kemampuan dosen mengajar (B = 0,369, uji F menunjukkan p = 0,000). Hasil analisis statistik juga menemukan bahwa motivasi mahasiswa berdasarkan nilai koefisien determinasinya 13,6% ditentukan oleh variabel kemampuan dosen mengajar dan 7,6% ditentukan oleh sifat/ kepribadian dosen, sementara sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini. Kesimpulan : terbukti bahwa peran dosen sangat menentukan hasil pembelajaran mahasiswa baik yang berasal dari dirinya dalam bentuk kepribadian dan kemampuan dosen untuk memberi pengajaran pada para mahasiswanya, sehingga memotivasi para mahasiswa untuk berlajar lebih giat dalam rangka mencapai tujuan belajarnya. Kata Kunci: Kepribadian dosen, Kemampuan dosen, motivasi belajar mahasiswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 15 Jul 2013 20:00
    Last Modified: 15 Jul 2013 20:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4974

    Actions (login required)

    View Item