HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI DENGAN PERILAKU MAHASISWA D III KEBIDANAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK ASUHAN PERSALINAN NORMAL (DI LABORATORIUM AKADEMI KEBIDANAN KUTAI HUSADA TENGGARONG)

Wahyuni, Lidia Endang (2010) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI DENGAN PERILAKU MAHASISWA D III KEBIDANAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK ASUHAN PERSALINAN NORMAL (DI LABORATORIUM AKADEMI KEBIDANAN KUTAI HUSADA TENGGARONG). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (534Kb)

    Abstract

    LIDIA ENDANG WAHYUNI, S540809411, Hubungan Minat Belajar dan Kompetensi dengan Perilaku Mahasiswa D III Kebidanan dalam Pembelajaran Praktik Asuhan Persalinan Normal di Laboratorium Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong. Tesis: Program Studi Kedokteran Keluarga (Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan) Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010. Latar Belakang: Kompetensi untuk memberikan pelayanan yang baik dimana petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar. Masih diperlukan suatu perangkat kecakapan yaitu ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri yang mampu mengembangkan produktivitas kerja secara maksimal, melalui kedua kemampuan ini akan menghasilkan perilaku bidan yang tanggap dan responsif terhadap keluhan klien, sesuai dengan kebutuhan klien serta tidak membedakan pelayanan kepada siapapun. Tujuan: (1) hubungan minat belajar dengan perilaku mahasiswa akademi kebidanan dalam pembelajaran praktek Asuhan Persalinan Normal di Laboratorium, (2) hubungan kompetensi dengan perilaku mahasiswaAkademi Kebidanan dalam pembelajaran Praktik Asuhan Persalinan Normal di Laboratorium, dan (3) variabel yang paling berhubungan (minat belajar dan kompetensi) dengan perilaku mahasiswa Akademi Kebidanan dalam pembelajaran praktek Asuhan Persalinan Normal di Laboratorium. Metode: observasional analitik, dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Diploma III Kebidanan Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong, dengan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Hasil : uji prasyarat analisis data untuk regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian (1) Terdapat hubungan yang bermakna antara minat belajar dengan perilaku mahasiswa dalam pembelajaran Asuhan Persalinan Normal/ APN, (r = 0,394, p = 0,002); (2) terdapat hubungan yang antara kompetensi mahasiswa dengan perilaku mahasiswa dalam pembelajaran Asuhan Persalinan Normal/ APN, (r = 0,593, p = 0,000); (3) Variabel yang paling berhubungan dengan perilaku mahasiswa dalam pembelajaran Asuhan Persalinan Normal adalah kompetensi mahasiswa (B = 0,520, uji F menunjukkan p = 0,000). Hasil analisis statistik juga menemukan bahwa varibel perilaku mahasiswa dalam pembelajaran APN dilaboratorium berdasarkan nilai koefisien determinasinya, 15,5% ditentukan oleh variabel minat belajar dan 35,2% ditentukan oleh kompetensi mahasiswa, sementara sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini. Kesimpulan: hasil penelitian di atas membuktikan bahwa, perilaku mahasiswa dalam pembelajaran Asuhan Persalinan Normal dapat ditingkatkan dengan memberikan dorongan untuk meningkatkan minat belajar dan peningkatan penguasaan komptensi dari masing-masing materi pembelajaran atau mata kuliah. Kata Kunci : Minat belajar, Kompetensi dan Perilaku Mahasiswa. LIDIA ENDANG WAHYUNI, S540809411, Relationship Learning Interest and Competency With Student Behavior D III Midwifery in Normal Maternity Care Learning Practices in the Laboratory of Midwifery Academy Kutai Husada Tengg arong. Thesis: Study Program of Family Medicine (Main Interest in Health Professions Education) Post Graduate Sebelas Maret University in Surakarta, 2010. The Background: Competence to provide well services which health workers to provide health services in accordance with the standard. Still need a device that is skilled person skills in dealing with others and skills in the set itself is able to develop to maximum productivity, through both these capabilities will result in behavior that responds midwife and responsive to client complaints, according to the needs of clients and does not distinguish service to anyone. Objective: (1) the relationship of interest to study the behavior of college student learning the practice of midwifery in Normal Maternity Care in the Laboratory, (2) relations with behavioral competence in learning Midwifery Normal Maternity Care Practices in the Laboratory, and (3) variable The most pertinent (interest in learning and competence) with the behavior of students in learning the practice of Midwifery Academy Normal Maternity Care in the laboratory. Research Method: observational analytic, cross sectional design. The population in this study is the third semester students of the Academy of Midwifery Midwifery Diploma III Kutai Husada Tenggarong, with the sampling technique used is total sampling. Results: Based on research data analysis the result can be concluded: (1) There was a significant correlation between interest in learning with students in the learning behavior of Maternity Care Normal/APN, (r = 0.394, p = 0.002), (2) there is a relationship between the competence of students with student behavior Maternity Care in the learning of Normal/APN, (r = 0.593, p = 0.000), (3) The variables most associated with student behavior in Maternity Care Normal is learning competencies of students (B = 0.520, F test showed p = 0.000). Statistical analysis also found that the variable behavior of students in the learning laboratory based APN determination coefficient value, 15.5% is determined by variables of interest to study and 35.2%, determined by the competence of students, while the remainder is determined by other variables that are not done in this study. Conclusion: the conclusion of the study prove that, the behavior of students in the learning of Normal Childbirth care can be improved by giving impetus to increase interest in learning and increasing competence mastery of each learning material or courses. Keywords: learning interest, competence and behavior of the student

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 15 Jul 2013 19:41
    Last Modified: 15 Jul 2013 19:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4961

    Actions (login required)

    View Item