PENGARUH PESAN IKLAN, DAYA TARIK IKLAN, FREKUENSI IKLAN, DAN STRATEGI KREATIF IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada Mahasiswa FKIP UNS Kentingan Surakarta)

Wijayanto, Tri (2011) PENGARUH PESAN IKLAN, DAYA TARIK IKLAN, FREKUENSI IKLAN, DAN STRATEGI KREATIF IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada Mahasiswa FKIP UNS Kentingan Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1746Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tri Wijayanto. K7407148. PENGARUH PESAN IKLAN, DAYA TARIK IKLAN, FREKUENSI IKLAN, DAN STRATEGI KREATIF IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Pada Mahasiswa FKIP UNS Kentingan Surakarta). Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2011 Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) Untuk menganalisis pengaruh pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi iklan, dan strategi kreatif iklan secara parsial terhadap efektivitas iklan sepeda motor Yamaha. (2) Untuk menganalisis pengaruh pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi iklan, dan strategi kreatif iklan secara simultan terhadap efektivitas iklan sepeda motor Yamaha. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pengguna sepeda motor Yamaha di FKIP UNS Kentingan Surakarta pada tahun 2011. Pada penelitian ini besarnya jumlah sampel ditentukan sebanyak 80 responden. Try out yang dilakukan terhadap 30 responden di dalam populasi, dengan hasil 32 item soal valid 24 dan reliabel. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil perhitungan data untuk variabel pesan iklan memiliki tingkat signifikansi 0,025, variabel daya tarik iklan memiliki tingkat signifikansi 0,004, variabel frekuensi iklan memiliki tingkat signifikansi 0,009, variabel strategi kreatif iklan memiliki tingkat signifikansi 0,026. Oleh karena probabilitas (pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi iklan, dan strategi kreatif iklan) lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikemukakan bahwa variabel (pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi iklan, dan strategi kreatif iklan) berpengaruh secara parsial terhadap efektivitas iklan sepeda motor Yamaha. (2) adanya pengaruh pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi iklan, dan strategi kreatif iklan terhadap efektivitas iklan sepeda motor Yamaha. Hal ini tercermin dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Karena nilai dari maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pesan iklan, daya tarik iklan, frekuensi iklan, dan strategi kreatif iklan berpengaruh secara bersama-sama terhadap efektivitas iklan sepeda motor Yamaha. ABSTRACT Tri Wijayanto. K7407148. INFLUENCE OF MESSAGE ADVERTISING, ADVERTISING ATTRACTION, FREQUENCY ADVERTISING, CREATIVE ADVERTISING STRATEGY AND ADVERTISING EFFECTIVENESS OF MOTORCYCLE YAMAHA (Study On Student Guidance and Counseling Kentingan UNS Surakarta). Thesis. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. Surakarta Sebelas Maret University. July 2011 The purpose of this study was to analyze: (1) To analyze the influence of advertising messages, advertising appeal, the frequency of advertising, and advertising creative strategy partially to the effectiveness of ads Yamaha motorcycle. (2) To analyze the influence of advertising messages, advertising appeal, the frequency of advertising, and advertising creative strategy simultaneously against the effectiveness of ads Yamaha motorcycle. This type of research conducted by the author is a descriptive research with quantitative data collection techniques in the form of questionnaires. The study population was all students in the Yamaha motorcycle users FKIP Kentingan UNS Surakarta in 2011. In this study the large number of samples is determined by 80 respondents. Try outs are conducted on 30 respondents in the population, with 32 items about the results of 24 valid and reliable. The technical analysis of the data used is the technique of multiple linear regression analysis. Based on this research can be concluded that (1) the calculation of data for variable message advertising has a significance level of 0.025, the variable has the appeal of ads 0.004 significance level, the variable frequency having a significance level of 0.009 ads, advertising creative strategy variables have a significance level of 0.026. Therefore the probability (advertising messages, advertising appeal, the frequency of advertising, and advertising creative strategies) is smaller than 0.05, it can be argued that the variable (advertising messages, advertising appeal, the frequency of advertising, and advertising creative strategies) affect partially against Yamaha motorcycle advertising effectiveness. (2) the influence of advertising messages, advertising appeal, the frequency of advertising, and advertising creative strategies on the effectiveness of ads Yamaha motorcycle. This is reflected in the results obtained by the F test probability value of 0.000. Because the probability value (0.000) is smaller than 0.05, then Ho is rejected, so it can be concluded that the variable message advertising, advertising appeal, the frequency of advertising, and advertising creative strategies jointly influential on the effectiveness of ads Yamaha motorcycle.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 16 Jul 2013 00:29
    Last Modified: 16 Jul 2013 00:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4945

    Actions (login required)

    View Item