Film televisi dan kesenjangan kepuasan (Studi tentangkesenjangan kepuasaan menyaksikan Film televisi di SCTV dan sinema siang di RCTI di kalanganMahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2007-2009 melealui pendekatan Uses and Grafiticaton)

K., Kisbandi Virdha (2010) Film televisi dan kesenjangan kepuasan (Studi tentangkesenjangan kepuasaan menyaksikan Film televisi di SCTV dan sinema siang di RCTI di kalanganMahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2007-2009 melealui pendekatan Uses and Grafiticaton). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (511Kb)

    Abstract

    Ketika terjadi persaingan antar program di televisi, yang menerima keuntungansebenarnya adalah audiensatau khalayak. Sebab melalui persaingan tersebut, pemirsa bisa menilai sekaligus menikmati acara mana yang menarik ditonton dan mana yang tidak. 8 Hal yang menarik untuk diselidiki dan diteliti dari fenomena tersebut adalah motif-motif audiens yang kebanyakan remaja dalam menonton program film televisi bertema percintaan remaja. Bagaimana korelasi antara motif menonton dengan kepuasan yang didapat, serta film televisi manakah yang lebih memuaskan audiensnya. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Uses and Gratification. Pendekatan ini menganggap bahwa khalayak mempunyai sifat aktif dalam mencari serta menggunakan media sesuai dengan kebutuhannya. Motif-motif tertentu yang ada pada khalayak menimbulkan sikap selektif terhadap media yang digunakannya. Di bawah Uses and Gratification sebagai grand theory, terdapat model penelitian yang diperkenalkan oleh Palmgreen. Phillip Palmgreenmembuat penelitian untuk mengukur kesenjangan kepuasan (Gratification Discrepancy) antara kepuasan yang dicari atau dibayangkan akan diterima khalayak jika ia menggunakan media massa tertentu (Gratification Sought), dengan kepuasan nyata yang diperoleh setelah seseorang menggunakan media massa tersebut (Gratification Obtained). Penulis mengaplikasikan model Palmgreen tersebut untuk memperoleh gambaran tentang kebutuhan apa saja yang ingin dicarikan pemuasannya melalui media massa, pola penggunaan media,dan kepuasan yang diperoleh. Untuk selanjutnya,diketahui kesenjangan kepuasan yang muncul, serta media mana yang lebih disukai oleh responden. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2007-2009. Responden remaja dianggap mewakili audiens karenaremajadalam film televisi adalahsebagai target audiens utama (primary audience). Remaja selalu mengembangkan pikiran-pikiran baru, cepat tertarik pada lawan jenis dan mudah terangsang secara teoritis. 9 Selain itu responden tersebut juga dianggap ideal karena sangat memungkinkan terkena terpaan. Pemilihan responden juga didasarkan atas pertimbangan waktu dan biaya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 15 Jul 2013 19:04
    Last Modified: 15 Jul 2013 19:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4934

    Actions (login required)

    View Item