ANALISIS BRAND LOYALTY PELANGGAN HOTEL SUKA MAREM SURAKARTA

Hidayat, Handayani Rizky (2010) ANALISIS BRAND LOYALTY PELANGGAN HOTEL SUKA MAREM SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1042Kb)

    Abstract

    Loyalitas pelanggan dalam pemilihan suatu merek tertentu merupakan hal yang perlu diperhatikan perusahaan. Jika pelanggan sudah loyal, secara tidak langsung keuntungan dan kelangsungan hidup perusahaan pun akan terjaga. Hotel Suka Marem Surakarta merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa perhotelan di Surakarta. Dengan persaingan yang tinggi, sangat perlu bagi manajemen Hotel Suka Marem Surakarta untuk menyusun strategi agar bisa mempertahankan pelanggannya agar tidak berpindah ke hotel yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui seberapa jauh tingkat loyalitas konsumen selama menginap di Hotel Suka Marem Surakarta. Penelitian ini dilakukan di Hotel Suka Marem Surakarta yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No.11 Surakarta. Sampel yang diambil yang diambil berjumlah 100 orang dan responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Hotel suka Marem Surakarta yang pernah menginap lebih dari satu (1) kali di Hotel Suka Marem Surakarta.Teknik pengambilan sampling dlakukan dengan metode Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner, studi pustaka, wawancara dan observasi langsung pada objek penelitian. Setelah didapatkan jawaban dari pelanggan melalui kuesioner yang dibagikan, tiap jawaban dibagi menjadi beberapa kategori sesuai tingkatan brand loyalty mulai dari switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand dan committed buyer. Hasil perhitungan brand loyalty menunjukkan bahwa pelanggan Hotel Suka Marem Surakarta merasa puas dan menyarankan pada orang lain untuk menginap di Hotel Suka marem Surakarta. . Namun pada tingkat liking the brand , cenderung mengalami penurunan jumlah respondennya. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Hotel Suka Marem Surakarta harus meningkatkan loyalitas konsumennya antara lain dengan meningkatkan kualitas jasa, fasilitas hotel, serta media promosi yang digunakan Kata kunci : brand loyalty, Switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand dan committed buyer.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 850 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 19:00
    Last Modified: 15 Jul 2013 19:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4925

    Actions (login required)

    View Item