PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

FILARD, ANNISA RAHMA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3038Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIIIG SMP Negeri 4 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010, sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kegiatan berupa: (a) wawancara; (b) observasi; (c) tes prestasi belajar; (d) dokumentasi. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi; (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Sistem Perekonomian Indonesia serta Pembentukan Harga Pasar dapat meningkatkan prestasi belajar mapel IPS Terpadu siswa. Prestasi belajar tersebut dinyatakan tuntas karena secara umum pencapaian prestasi belajar siswa berada di atas standar batas tuntas nilai IPS Terpadu yaitu 6,5. Sebelum adanya penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan Numbered Heads Together (NHT) nilai rata-rata kelas siswa adalah 61,75 tetapi setelah penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan Numbered Heads Together (NHT) nilai rata-rata kelas siswa menjadi 75,94 pada siklus I dan 78,22 pada siklus II. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 14,19 point dibandingkan dengan sebelum adanya penerapan model pembelajaran kooperatif GI dan NHT, serta semua siswa berhasil mencapai KKM, dengan prosentase 34,375% mendapat nilai tepat pada batas KKM, yaitu 65. Pada siklus II rata-rata siswa menjadi 78,22 atau naik sebesar 2,28 dari siklus I. Semua siswa mencapai KKM dari 75% target yang direncanakan, walaupun masih ada siswa yang mendapat nilat tepat pada batas KKM yaitu 31,25% dari seluruh siswa kelas VIIIG.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 862 not found.
    Date Deposited: 16 Jul 2013 05:45
    Last Modified: 16 Jul 2013 05:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4884

    Actions (login required)

    View Item