PENGANTAR KARYA TUGAS AKHIR PROMOSI PASAR WISATA TAWANGMANGU MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Wulandari, Arini Eko (2010) PENGANTAR KARYA TUGAS AKHIR PROMOSI PASAR WISATA TAWANGMANGU MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4072Kb)

    Abstract

    Memasuki kehidupan dunia yang modern, pertumbuhan perdagangan semakin berkembang pesat. Banyak sekali tempat perbelanjaan modern yang didirikan. Tempat perbelanjaan modern atau supermarket biasanya didirikan di perkotaan, sedangkan di daerah pedesaan masih banyak dijumpai pasar tradisional. Ada beberapa pasar tradisional yang dijadikan pasar wisata untuk destinasi obyek wisata di daerah tersebut. Pasar wisata mempunyai daya tarik wisata karena di tempat tersebut menjual aneka produk-produk barang dan jasa yang unik, khas, atau langka, misalnya cinderamata yang berupa hasil kerajinan tangan, makanan tradisional dari daerah tersebut. Pasar tersebut diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara, maupun wisatawan nusantara. Keberadaan pasar wisata sebagai tempat perdagangan dan pariwisata daerah akan memacu pertumbuhan perekonomian negara ke tingkat yang lebih tinggi. Pertumbuhan perdagangan dan pariwisata yang melaju cepat di suatu daerah akan menjadikan daerah tersebut lebih maju dan lebih potensial dibanding daerah lainya. Kabupaten Karanganyar banyak sekali ditemui pasar, baik pasar tradisional, pasar modern maupun pasar wisata. Pasar wisata di daerah Karanganyar masih tergolong jarang, karena belum banyak daerah-daerah di Karanganyar yang tertarik untuk menjadikan pasar tradisional yang ada di daerahnya menjadi pasar wisata. Salah satunya yaitu Pasar Wisata Tawangmangu. Letaknya yang strategis sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan obyek wisata di Tawangmangu. Pasar Wisata Tawangmangu selain memiliki produk lokal yaitu produk dari hasil bumi daerah tersebut yang berupa buah, sayuran dan aneka jenis bunga, juga sering diadakan upacara adat di tempat tersebut yang tidak kalah menarik dengan tempat pariwisata yang lain. Selain Pasar Wisata Tawangmangu juga terdapat Daerah Tujuan Wisata ( DTW ) yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Grojogan Sewu, Bumi Perkemahan Kalisoro, Sekipan. Pasar Wisata Tawangmangu mulai diresmikan pada tahun 2009. Namun sampai saat ini belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pasar wisata tersebut. Hal ini dikarenakan kurangnya promosi dari pihak pengelola Pasar Wisata Tawangmangu. Beranjak dari permasalahan tersebut, dipandang perlu untuk membuat perancangan promosi Pasar Wisata Tawangmangu melalui media komunikasi visual. Agar supaya promosi yang dibuat nantinya bisa tepat sasaran dan efektif menjangkau audience yang akan menjadi target marketnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:27
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4817

    Actions (login required)

    View Item