KINERJA DINAS KESEHATAN KOTA SURAKARTA DALAM MENGAWASI KUALITAS DEPOT AIR MINUM ISI ULANG

Dhahono, Doddhik Ardhi (2010) KINERJA DINAS KESEHATAN KOTA SURAKARTA DALAM MENGAWASI KUALITAS DEPOT AIR MINUM ISI ULANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1129Kb)

    Abstract

    DODHIK ARDHI DHAHONO, D0105060, Kinerja Dinas Kesehatan Kota Surakarta dalam Mengawasi Kualitas Depot Air Minum isi Ulang, Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010. Depot Air Minum Isi Ulang adalah badan usaha yang mengelola air minum untuk keperluan masyarakat dalam bentuk curah dan tidak dikemas. Melihat kenyataan mengenai kecenderungan masyarakat untuk mengkonsumsi air minum isi ulang demikian besar, sehingga usaha depot pengisisan air minum tumbuh subur dimana-mana sehingga dibutuhkan pengawasan. Organisasi publik yang bertanggungjawab atas tumbuh suburnya depot isi ulang di surakarta adalah Dinas Kesehatan Kota ( DKK ) Surakarta. Sebagai motor penggerak utama yang akan mendorong masyarakat untuk hidup sehat terutama terhadap air minum isi ulang yang akan dikonsumsi, DKK Surakarta diharap mampu mengupayakan pengawasan terhadap kualitas depot air minum isi ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Dinas Kesehatan Kota Surakarta dalam mengawasi kualitas depot air minum isi ulang dan untuk mengetahui faktor yang mempegaruhi kinerja tersebut. Kinerja DKK Surakarta dalam pengawasan depot isi ulang dalam penelitian ini dilihat dari tiga indikator pengukuran kinerja Organisasi Publik yaitu Produktivitas, Responsivitas dan Akuntabilitas. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan senyatanya. Sumber datanya meliputi data primer yang diperoleh melalui proses wawancara dengan sumber data atau informan dan data sekunder yang berasal dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode penarikan sampel yang digunakan bersifat purposive sampling yaitu dengan memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data. Tehnik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data adalah dengan teknik trianggulasi data yaitu menguji data yang sejenis dari berbagai sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Teknik Analisis Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari tiga indikator pengukuran kinerja yang digunakan yaitu produktivitas, responsivitas dan akuntabilitas, kinerja DKK Surakarta belum cukup baik. Produktivitas DKK Surakarta dapat dikatakan belum maksimal karena hasil yang dicapai belum sesuai dengan targettarget yang telah ditetapkan sebelumnya. Responsivitas DKK Surakarta dalam pengawasan depot isi ulang dikatakan belum cukup baik karena ditunjukkan dengan adanya pemahaman yang kurang oleh masyarakat tentang tempat-tempat untuk menyampaikan keluhan dan tuntutan terhadap depot air minum isi ulang. Akuntabilitas DKK Surakarta dikatakan cukup baik, hal ini diindikasikan dengan orientasi pelayanan yang tidak hanya mengacu pada juklak saja serta adanya transparansi pengawasan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja DKK Surakarta dalam pengawasan depot isi ulang yaitu; tidak adanya dana untuk menunjang kegiatan pengawasan, serta kurang aktifnya para pengusaha depot isi ulang. DODHIK ARDHI DHAHONO, D0105060, Surakarta Health Office Performance in Monitoring the Quality of Drinking Water Refill Stall, Thesis, Department of Administrative Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, Sebelas Maret University Surakarta, 2010. The Drinking water refill stall is a business entity that manages the drinking water for communities in bulk And Not packaged. Based of the truth that tendency of society to consume drinking water refill so large, so the drinking water filling stall business thrives everywhere so it needed controlling.Public organization that responsible for the growing proliferation of refilling stall in Surakarta is Dinas Kesehatan Surakarta ( DKK) Surakarta. As the main engine that will encourage people to live healthy, especially against refill drinking water will be consumed, Surakarta DKK expected afford control over the quality Of Drinking Water Refill stall. The objective of this research is to find out the performance of Surakarta City Health Office in overseeing the quality of drinking water refill stall and the factor influence the performance. Performance monitoring DKK Surakarta in drinking water refill stall in this study viewed from three indicators measuring the performance of Public Organizations of Productivity, responsiveness and accountability. This is a descriptive qualitative research that describes the actual situation. Sources of data include the primary data obtained through interviews with informants and sources of data or secondary data derived from the documents relating to the research. Sampling method used is purposive sampling is to select informants who considered knowing and can be truste to be a source of data. Techniques of data collection is interviews and documentation. Test the validity of the data is data triangulation technique is similar to test data from various sources. The data analysis technique used is the Interactive Analysis Techniques. The researh showed that seen from three indicators of performance measurement that used, there are productivity, responsiveness and accountability, performance DKK Surakarta not good enough. Productivity DKK Surakarta can be said not maximized because the results have not achieved in accordance with the targets previously set. responsiveness DKK Surakarta in the supervision refill stall said is not good enough because it showed by the lack of public understanding about the places to submit complaints and demands to stall drinking water refill. Accountability DKK Surakarta be quite good, this is indicated by the orientation of service which not only refers to the guidelines, but also transparency of supervision. Some factors that affect the performance of DKK Surakarta in supervision of stall refilling; lack of funds to support surveillance activities, and less active entrepreneurs depot refilling.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Ardhi Permana Lukas
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:17
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4769

    Actions (login required)

    View Item