ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SUBPOKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTAR SUDUT PADA SISWA KELAS VIICSMP NEGERI 1 JATILAWANG BANYUMAS TAHUN AJARAN 2008/2009

Nurlaeli, Rofikoh (2009) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SUBPOKOK BAHASAN HUBUNGAN ANTAR SUDUT PADA SISWA KELAS VIICSMP NEGERI 1 JATILAWANG BANYUMAS TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1194Kb)

    Abstract

    Salah satu cabang matematika yang memerlukan penguasaan konsep dan penalaran yang tinggi adalah geometri. Pengetahuan tentang geometri itu sendiri telah diperoleh sejak Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. Akan tetapi masih banyak siswa bahkan mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam mempelajari geometri. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Kamarullah (2005), bahwa tiga jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mempelajari geometri meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Di tingkat SMP, salah satu materi geometri adalah sudut. Materi sudut merupakan materi dasar untuk mempelajari materi-materi geometri pada tingkat selanjutnya. Pada kenyataannya, siswa masih merasa kesulitan pada saat mempelajari materi sudut dan juga sering terjadi kesalahpahaman pada saat menerima dan memahami konsep yang diberikan oleh guru. Adanya kecenderungan cara belajar siswa yang mengutamakan hafalan, membuat mereka tidak mampu menangkap konsep yang diberikan oleh guru. (Ira, K: 2007). Hal ini terlihat dari hasil nilai ulangan harian tentang materi garis dan sudut pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Jatilawang dimana penulis melakukan penelitian yang terdiri dari 33 siswa yang ikut ulangan, 13 siswa diantaranya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu sebesar 68. Kondisi tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran matematika pada tingkat SMP khususnya pada cabang geometri, karena apabila terjadi kesalahan pada tingkat ini maka dapat mempengaruhi penguasaan geometri pada tingkat berikutnya. Adapun materi pelajaran yang akan diteliti mengenai subpokok bahasan hubungan antar sudut yang meliputi hubungan antar sudut yang saling berpelurus, sudut yang saling berpenyiku, dan sudut yang saling bertolak belakang. Karena banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam materi ini, maka peneliti ingin mengetahui gambaran gambaran kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Dalam penelitian Darsono (2006: 65) yang relevan dengan penelitian ini, diperoleh teori bahwa pada umumnya siswa melakukan kesalahan yang digolongkan menjadi tiga jeniskesalahan yaitu kesalahan pemahaman materi pra syarat, kesalahan pemahaman konsep, dan kesalahan perhitungan. Tanpa berlandaskan pada ketiga jenis kesalahan tersebut, penulis tidak hanya mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan menggolongkannya ke dalam beberapa jenis kesalahan, tetapi penulis juga akan membandingkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada materi hubungan antar sudut, dengan teori tentang jenis-jeniskesalahan siswa yang telah dikemukakan pada penelitian sebelumnya. Selain itu peneliti juga ingin menemukan penyebab siswa melakukan kesalahan dan mencari solusinya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:15
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4765

    Actions (login required)

    View Item