KAJIAN KARAKTER INDIRECT TENSILE STRENGTH ASPHALT CONCRETE RECYCLE DENGAN CAMPURAN ASPAL PENETRASI 60/70 DAN RESIDU OLI PADA CAMPURAN HANGAT

Ahmad, Malik (2010) KAJIAN KARAKTER INDIRECT TENSILE STRENGTH ASPHALT CONCRETE RECYCLE DENGAN CAMPURAN ASPAL PENETRASI 60/70 DAN RESIDU OLI PADA CAMPURAN HANGAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1454Kb)

    Abstract

    Malik Ahmad, 2010. Kajian Karakter Indirect Tensile Strength Asphalt Concrete Recycle dengan Campuran Aspal Penetrasi 60/70 dan Residu Oli Pada Campuran Hangat. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta. Proses produksi hot mix asphalt yang suhunya tinggi membutuhkan energi bahan bakar yang tinggi dan menghasilkan emissi yang tinggi pula. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode Warm Mix Asphalt yang memungkinkan pengurangan temperatur pada campuran aspal. Penggunaan RAP sebagai pengganti sebagian agregat dengan campuran aspal penetrasi 60/70 dan residu oli pada campuran hangat diharapkan dapat menghemat penggunaan agregat dan aspal, serta lebih ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola hubungan antara kadar residu oli dan suhu pada campuran hangat, mengetahui pola hubungan antara kadar aspal dengan kuat tarik tidak langsung, menghitung kadar aspal optimum untuk mendapatkan kuat tarik maksimum, mengetahui pola hubungan antara kadar residu oli dengan kuat tarik tidak langsung, serta mengetahui pengaruh penggunaan residu oli terhadap kebutuhan aspal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen di laboratorium. Komposisi RAP 30%, gradasi RAP, dan 4,5% kadar aspal dalam RAP merupakan data sekunder dari penelitian sebelumnya. Residu oli yang digunakan dalam campuran aspal sebesar 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%. Berdasarkan uji kelekatan pada agregat dipilih residu oli 0%, 10%, dan 20% dengan range suhu yang berbeda. Range suhu diperoleh dari pembacaan Bitumen Test Data Chart berdasarkan pada nilai penetrasi dan titik lembek campuran aspal residu oli. Penelitian menggunakan variasi kadar aspal 5,5%, 6%, dan 6,5% dengan 0%, 10%,dan 20% campuran residu oli untuk tiap kadar aspal. Setiap kadar aspal dengan tiga variasi residu oli dibuat tiga benda uji, sehingga total benda uji berjumlah 27 buah. Lalu dilakukan uji kuat tarik tidak langsung pada tiap benda uji. Lalu dilakukan analisis dengan metode deskriptif analitis, yaitu dengan analisis regresi dan korelasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola hubungan linear negatif antara kadar residu oli dengan suhu pencampuran dan pemadatan, di mana semakin tinggi kadar residu oli, semakin rendah suhu yang dibutuhkan. Terdapat pola hubungan polynomial antara kadar aspal dengan kuat tarik tidak langsung, di mana semakin tinggi kadar aspal, semakin tinggi pula kuat tarik yang diperoleh, sampai pada kadar aspal optimum sehingga kuat tarik turun lagi. Kadar aspal optimum yang diperoleh untuk tiap campuran aspal dan residu oli sebesar 6,07%, 5,93%, dan 5,91% dengan kuat tarik tidak langsung maksimum masing-masing sebesar 726,58 KPa, 527,67 KPa, dan 191,34 KPa. Terdapat pola hubungan linear negatif antara kadar residu oli dengan kuat tarik tidak langsung, di mana semakin tinggi kadar residu oli, semakin rendah kuat tarik tidak langsung yang diperoleh. Penggunaan residu oli dalam campuran aspal dapat mengurangi penggunaan aspal. Semakin bertambah residu oli, semakin berkurang aspal yang dibutuhkan. Kata kunci: kuat tarik tidak langsung, RAP, residu oli, Warm Mix Asphalt

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Muhammad Yahya Kipti
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:11
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4750

    Actions (login required)

    View Item