PENGARUH MEDIA ‘MAHIR MATH SD 05’ TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNARUNGU KELAS D5 SLB­B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

Sholikhah, Ninda (2009) PENGARUH MEDIA ‘MAHIR MATH SD 05’ TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNARUNGU KELAS D5 SLB­B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (567Kb)

    Abstract

    Ninda Solikhah. PENGARUH MEDIA ‘MAHIR MATH SD 05’ TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNARUNGU SLB­B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan media ‘Mahir Math SD 05’ terhadap peningkatan prestasi belajar anak tunarungu kelas D5 SLB­B YRTRW Surakarta. 2) untuk mengetahui perbedaan nilai rata­rata prestasi belajar matematika anak tunarungu kelas D1 SLB­B YRTRW Surakarta antara sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas D5 SLB­B YRTRW Surakarta yang berjumlah 6 orang anak. Yang dijadikan subyek penelitian adalah seluruh anggota populasi. Jadi penelitian ini adalah penelitian populasi (studi populasi). Teknik pengumpulan data prestasi belajar matematika anak tunarungu dengan menggunakan tes tertulis dengan bentuk tes obyektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik Sign Test Wilcoxson. Hasil penelitian menunjukkan : 1) dari hasil analisis data diperoleh nilai T O = 1 < T α = 2 dengan taraf signifikansi α sebesar 0,05 dan n = 6 maka H 0 ditolak dan H a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media ‘Mahir Math SD 05’ terhadap peningkatan prestasi belajar anak tunarungu kelas D5. 2) terdapat perbedaan antara nilai prestasi belajar matematika anak tunarungu sebelum diberikan treatment (pretest) dengan menggunakan media ‘Mahir Math SD 05’ dan sesudah diberikan treatment (posttest) dengan menggunakan media ‘Mahir Math SD 05’ yaitu mean pretest sebesar 11.33 sedangkan mean posttest 17.33. sehingga terdapat peningkatan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan media ‘Mahir Math SD 05’. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh penggunaan media ‘Mahir Math SD 05’ terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunarungu” terbukti kebenarannya. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ‘Mahir Math SD 05’ berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika anak tunarungu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Devi Nurlita Sari
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:13
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4748

    Actions (login required)

    View Item