PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Penggunaan Majalah Mandiri dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Perusahaan di Kalangan Karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Solo Sriwedari Tahun 2010)

Ilmiyati , Nyayu Ade (2010) PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Penggunaan Majalah Mandiri dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Perusahaan di Kalangan Karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Solo Sriwedari Tahun 2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2762Kb)

    Abstract

    Bank Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbankan. Sebagai perusahaan jasa yang terkemuka di Indonesia maka Bank mandiri harus berusaha tetap menjaga citra perusahaan agar dapat memiliki perhatian yang khusus dihati konsumennya. Sebelum membentuk citra positif ke masyarakat luas akan lebih baik perusahaan melihat sumber daya manusia yang ada didalam perusahaan itu terlebih dahulu. Merupakan salah satu peranan Majalah Mandiri untuk membentuk mainset positif mengenai perusahaan dilingkungan karyawannya. Bank Mandiri yang memiliki lebih dari 100 cabang diseluruh Indonesia tentunya memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam menginformasikan kebijakan perusahaan dan menyatukan satu informasi cabang kepada cabang yang lain. Bank Mandiri memiliki beberapa wahana media internal, namun yang menjadi fokus utama disini adalah Majalah Mandiri. Majalah Mandiri yang dikemas secara khusus oleh humas internal, proses pembuatan Majalah Mandiri tidak dapat dipandang sebelah mata. Bukan karena Majalah ini hanya sebatas majalah internal perusahaan sehingga tidak dikelola secara serius layaknya inhouse magazine diperusahaan besar lainnya. Majalah Mandiri dilihat dari proses pembuatannya ternyata dikelolah dengan serius oleh pihak humas internal yang diberi tanggung jawab mengelola media ini. Layaknya media massa umum, Majalah Mandiri memiliki reporter dan wartawan khusus untuk pembuatan isi berita. Dan yang membuatnya lebih menarik untuk diteliti adalah pengemasan Majalah internal yang disesuaikan dengan identitas perusahaan mulai dari layout dan isi. Isi Majalah Mandiri mencakup beberapa rubrik mulai dari penyampaian pesan dari atasan, antar karyawan dan informasi kegiatan cabang. Sudah dapat dilihat bahwa Majalah Internal dijadikan media informasi antara atasan dan bawahan serta sebaliknya. Karyawan Bank Mandiri yang tersebar secara luas tentunya membutuhkan informasi-informasi mengenai perusahaannya, informasi yang dapat dipercaya kebenarannya. Para pegawai pria dan wanita dengan umur dan latar belakang pendidikan yang berbeda akan membutuhkan informasi yang sama tentang perusahaan satu sama lainnya. Sedangkan mereka yang bertugas secara teknik di lapangan dan non-teknik di kantor (jajaran manajemen dan administrasi) adalah sama kedudukannya dalam mendapatkan informasi perusahaan tersebut. Para pegawai yang tersebar kedalam pembagian ini mempunyai persamaan kepentingan dalam mencari, mengetahui dan menularkan informasi yang tersedia mengenai perusahaan untuk dimanifestasikan kedalam realisasi kerja sesuai bidang yang ditekuni masing-masing. Untuk itu, melalui kehadiran Majalah Mandiri dilingkungan karyawan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., peneliti akan mencoba menghubungkan kebutuhan informasi perusahaan dengan penggunaan Majalah Mandiri, dengan tidak terlepas dari faktor penyebab timbulnya kebutuhan itu melalui usia, pendidikan terakhir, jenis kelamin serta posisi dan lokasi kerja para karyawan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:09
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4743

    Actions (login required)

    View Item