UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Gunungan,Man yaran,Wonogiri

Lestari, Sri (2009) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Gunungan,Man yaran,Wonogiri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2807Kb)

    Abstract

    Sri Lestari, S840208124. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dengan Pendekatan Kontekstual: Penelitian Tindakan Kelas di SDN 04 Gunungan, Manyaran, Wonogiri. Tesis: Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, April 2009. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis siswa dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengambil lokasi di kelas IV SDN 04 Gunungan, Manyaran, Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Rencana Pembelajaran setiap siklus disusun oleh guru dan peneliti. Setiap tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan. Penelitian melakukan bimbingan intensif kepada guru kelas IV tentang penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV yang masih rendah. Penelitian ini dapat dikatakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 04 Gunungan dan guru kelas IV. Data yang dikumpulkan berupa minat dan keterampilan menulis siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pengamatan, wawancara atau diskusi, kajian dokumen, dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini dengan triangulasi dan review informan kunci. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan tehnik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat menulis siswa, hal itu terlihat bahwa setelah dilakukan tindakan siswa membuat perencanaan sebelum menulis, merevisi setelah menyeleksi tulisan, menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan dan lebih senang berlatih menulis meskipun tidak diperintah guru. Kedua, penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dari 64 menjadi 75,41.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Devi Nurlita Sari
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:07
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4718

    Actions (login required)

    View Item