UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN 1 PADA KELAS XI TAV-C SMK NEGERI 2 SURAKARTA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010

, Wahjuni (2010) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN LEMBAR KERJA SISWA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN 1 PADA KELAS XI TAV-C SMK NEGERI 2 SURAKARTA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF - Published Version
Download (813Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divison) /(Pembagian Pencapaian Tim Siswa) dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada kelas XI TAV-C (Teknik Audio Video C) Semester 2 Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan di mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan April 2010, bertempat SMK Negeri 2 Surakarta. Adapun sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas XI TAV-C jumlah siswa 34 siswa. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik non tes. Adapun alat pengumpul data berupa butir-butir soal tes tertulis yang dikerjakan siswa dan Lembar Observasi Motivasi belajar siswa. Observations conducted in Cycle 1 and Cycle 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar Kompetensi Kejuruan 1 Kelas XI TAV-C SMK Negeri 2 Surakarta pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2009/2010. Hasil pengamatan melalui lembar observasi pada Siklus 1 ke Siklus 2 didapat aspek kerjasama siswa terjadi peningkatan dari 50% menjadi 77,77%, aspek interaksi siswa terjadi peningkatan dari 58,82% menjadi 82,35%, aspek tanggung jawab terjadi peningkatan dari 47,05% menjadi 88,23%, aspek kehadiran terjadi penurunan dari 95,45% menjadi 88,23%. Prestasi belajar dari Siklus 1 ke Siklus 2 terjadi peningkatan nilai terendah 53 menjadi 60 atau meningkat sebesar 13,20%, nilai tertinggi tidak terjadi peningkatan, nilai rerata mengalami peningkatan dari 66,23 menjadi 74,41 atau meningkat sebesar 12,35%. Kata kunci : Kooperatif, STAD, LKS, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Lutvi Satriyo Putro
    Date Deposited: 15 Jul 2013 18:02
    Last Modified: 15 Jul 2013 18:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4715

    Actions (login required)

    View Item