PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN EFEKTIF KONSUMEN DI WISATA KULINER LANGEN BOGAN SURAKARTA TAHUN 2009

RAHMAWATI , SUCI (2009) PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)TERHADAP TINGKAT PERMINTAAN EFEKTIF KONSUMEN DI WISATA KULINER LANGEN BOGAN SURAKARTA TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (312Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan antara produk terhadap tingkat permintaan efektif konsumen di Wisata Kuliner Langen Bogan Surakarta Tahun 2009; (2) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap tingkat permintaan efektif konsumen di Wisata Kuliner Langen Bogan Surakarta Tahun 2009; (3) Pengaruh yang signifikan antara saluran distribusi terhadap tingkat permintaan efektif konsumen di Wisata Kuliner Langen Bogan Surakarta Tahun 2009; (4) Pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap tingkat permintaan efektif konsumen di Wisata Kuliner Langen Bogan Surakarta Tahun 2009; (5) Pengaruh yang signifikan antara produk, harga, saluran distribusi dan promosi (Marketing Mix)secara bersama – sama terhadap tingkat permintaan efektif konsumen di Wisata Kuliner Langen Bogan Surakarta Tahun 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh konsumen di Wisata Kuliner Langen Bogan Gladak Surakarta. Penelitian populasi dengan mengambil sampel 350 dari 3500 populasi sementara (observasi tanggal 9-15 Februari 2009). Teknik pengumpulan data variabel dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket sebelum dipergunakan terlebih dahulu diuji cobakan dengan mengambil sampel sebanyak 50 konsumen. Rumus korelasi product moment digunakan untuk menguji validitas dari 15 item pertanyaan angket semuanya valid. Rumus alpha digunakan untuk menguji reabilitas angket untuk semua variabel, hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel dinyatakan lulus uji reabilitas. Uji prasyarat analisis yang dipergunakan adalah Multikolenieritas, Uji Normalitas, Uji linieritas, Uji autokorelasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : bahwa semua variabel marketing mix yang diteliti berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan efektif dengan nilai probabilitas di bawah 0,05. Dari keempat variabel yang di teliti, faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap permintaan efektif adalah variabel harga dengan nilai koefisien regresi 0,234.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 15 Jul 2013 17:47
    Last Modified: 15 Jul 2013 17:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4657

    Actions (login required)

    View Item