LAYANAN PENGEMBALIAN MANDIRI MELALUI BOOK DROP DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

TIRTANA, KADHANG ARIF (2011) LAYANAN PENGEMBALIAN MANDIRI MELALUI BOOK DROP DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1317Kb)

    Abstract

    Pengembalian koleksi secara mandiri melalui Book Drop merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan pemustaka yang saat ini tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, namun berasal pula sari berbagai profesi yang disibukkan dengan berbagai kegitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pengembalian koleksi secara mandiri melalui Book Drop, mengetahui kelebihan dan kelemahan pengembalian koleksi melalui Book Drop, serta untuk mengetahui kendala dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penggunaan Book Drop. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, studi pustaka, serta dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu, bahwa pengembalian koleksi melalui Book Drop merupakan pengembalian koleksi secara mandiri yang mengandalkan sistem Radio Frequency Identification (RFID) sebagai komponen utamanya. RFID bekerja pada gelombang radio frekuensi tinggi untuk jarak dekat dan frekuensi ultra tinggi untuk jarak jauh.beberapa kelebihan dari pengembalian melalui Book Drop adalah layanan ini dibuka selama 24 jam dari hari Senin sampai hari Sabtu, serta proses pelayanannya yang tanpa petugas. Kelemahan dari pengembalian melalui Book Drop adalah pemustaka atau pengguna Book Drop yang kurang memahami prosedur penggunaan Book Drop. Kendala yang sering terjadi adalah pemustaka yang tidak menggunakan Book Drop sesuai prosedur sehingga menyulitkan pemustaka dan petugas. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi tentang layanan Book Drop serta memindahkan letak layanan sirkulasi dekat dengan Book Drop. Saran yang dapat diberikan melalui penelitian ini adalah agar lebih sering dilakukan sosialisasi tentang layanan Book Drop supaya pemustaka lebih memahami tentang layanan tersebut, terutama memahami prosedur penggunaannya. Yang kedua adalah pemindahan layanan sirkulasi yang berada pada lantai tiga ke lantai satu dekat dengan Book Drop untuk memudahkan pemustaka sekaligus untuk mengawasi penggunaan Book Drop. Kata kunci : layanan mandiri, pengembalian, Book Drop.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Ayu Purnama Sari
    Date Deposited: 15 Jul 2013 17:27
    Last Modified: 15 Jul 2013 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4594

    Actions (login required)

    View Item