pengembangan instrumen computerized two-tier multiple choice untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan representasi kimia yang disertai profil individu siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMA/MA

DAWATI, FETRA MAY (2018) pengembangan instrumen computerized two-tier multiple choice untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan representasi kimia yang disertai profil individu siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMA/MA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1701Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan instrumen penilaian CTTMC pada materi ikatan kimia dengan representasi kimia yang dapat mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik, (2) menguji kelayakan instrumen CTTMC yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh yang memenuhi kriteria soal yang baik, (3) mengetahui kemampuan instrumen penilaiakan CTTMC pada materi ikatan kimia dengan representasi kimia yang dapat mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik melalui profil individu peserta didik. Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan model Akker (1999) yaitu : (1) pemeriksaan pendahuluan (preliminary investigation). (2) penyesuaian teoritis (theoretical embedding), (3) uji empiris (empirical testing), (4) proses dan hasil dokumentasi, analisa dan refleksi (documentation,analysis, and reflection on process and outcome penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 5 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta dengan jumlah responden 166 peserta didik. Validasi isi dengan rumus Aiken menggunakan 9 Validator ahli. Analisis penilaian pada instrumen CTTMC menggunakan metode GRM Graded Respon Model (GRM). Analisis kelayakan instrumen CTTMC menggunakan ITEMAN. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengembangan instrumen CTTMC telah disusun melalui tahap pengembangan model Akker (1999), 2) instrumen CTTMC yang dikembangkan layak digunakan karena memenuhi kriteria soal yang baik dengan validasi seluruh soal lebih besar dari V tabel (0,74), pada uji skala menengah memiliki reliabilitas yaitu pada soal tingkat pertama dan kedua 0,678 dan 0,820 dan pada uji skala luas yaitu 0,799 dan 0,750. Memiliki daya pembeda dari 20 soal two-tier multiple choice (TTMC), memiliki 4 tingkat soal jelek, 5 tingkat soal cukup dan soal baik dan 26 tingkat soal baik sekali, dan memiliki tingkat kesukaran yaitu 14 soal mudah, 15 soal sedang dan 11 soal sukar. 3) Instrument CTTMC dapat mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik pada materi ikatan kimia dapat dilihat melalui profil individu peserta didik. Kata kunci: Instrumen CTTMC, Kesulitan Belajar, Representasi Kimia, Ikatan Kimia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 833 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 17:18
    Last Modified: 29 Nov 2018 13:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4571

    Actions (login required)

    View Item