PENERAPAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (CERGAM) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA BIOLOGI SISWA PADA POKOK BAHASAN BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN KELAS VIII SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Handayaningrum, Yulita (2010) PENERAPAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (CERGAM) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA BIOLOGI SISWA PADA POKOK BAHASAN BAHAN KIMIA DALAM MAKANAN KELAS VIII SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (887Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Keberhasilan media cerita bergambar (cergam) dalam meningkatkan minat baca siswa pada materi pelajaran biologi, (2) keberhasilan penerapan media cerita bergambar (cergam) dalam meningkatkan nilai ulangan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran dengan penerapan media cerita bergambar (cergam), pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, analisis serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Surakarta, sedangkan obyek penelitian ini adalah penerapan media cerita bergambar (cergam) dan minat baca siswa pada materi bahan kimia dalam makanan. Data diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi, angket, kajian dokumen, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media cerita bergambar (cergam) dapat meningkatkan minat baca siswa terhadap materi bahan kimia pada makanan. Peningkatan minat baca diukur dari hasil observasi dan penyebaran angket. Capaian rata-rata hasil observasi menunjukkan bahwa siswa yang bersikap positif pada pra siklus sebesar 51,1%, siklus I sebesar 63,75% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Capaian rata-rata hasil penyebaran angket pada pra siklus sebesar 51,4%, siklus I sebesar 66,1% dan pada siklus II sebesar 81,4%. Ulangan harian dengan siswa yang mencapai batas tuntas sebesar 95% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Data pendukung untuk penelitian ini antara lain: penilaian Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 86,83 pada siklus I menjadi 87,5 pada siklus II serta penilaian cerita siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,5 pada siklus I menjadi 84,5 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media cerita bergambar (cergam) dapat meningkatkan minat baca siswa kelas VIIIE pada pokok bahasan bahan kimia dalam makanan SMP Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 15 Jul 2013 17:06
    Last Modified: 15 Jul 2013 17:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4528

    Actions (login required)

    View Item