PENGARUH HARGA, SIKAP EKONOMIS DAN PERSEPSI KUALITAS MEREK TERHADAP MINAT MEMBELI MOTOR MATIK DI SURAKARTA YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED VALUE (Studi pada merek Honda dan Dayang)

Wijayanti, Hayu Widyas Rosa (2010) PENGARUH HARGA, SIKAP EKONOMIS DAN PERSEPSI KUALITAS MEREK TERHADAP MINAT MEMBELI MOTOR MATIK DI SURAKARTA YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED VALUE (Studi pada merek Honda dan Dayang). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (470Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan di: Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, persepsi kualitas merek serta sikap ekonomis terhadap persepsi konsumen mengenai value suatu produk, yang kemudian hal tersebut berpengaruh terhadap minat membeli konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuesioner, dengan jumlah responden sebanyak 172 responden. Teknik pengambilan sampel diambil dengan metode nonprobabilita, dengan cara convenience sampling. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah sebagai berikut: apakah harga dan sikap ekonomis berpengaruh negatif terhadap persepsi penerimaan harga, apakah persepsi kualitas merek dan persepsi penerimaan harga berpengaruh positif terhadap nilai persepsian (perceived value), serta apakah nilai persepsian (perceived value) berpengaruh positif terhadap minat membeli. Dari perumusan masalah tersebut kemudian dibagi menjadi lima hipotesis, yaitu: harga berpengaruh negatif terhadap persepsi penerimaan harga, sikap ekonomis berpengaruh negatif terhadap persepsi penerimaan harga, persepsi kualitas merek berpengaruh positif terhadap nilai persepsian (perceived value), persepsi penerimaan harga berpengaruh positif terhadap nilai persepsian (perceived value), nilai persepsian (perceived value) berpengaruh positif terhadap minat membeli. Uji analisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, selanjutnya menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan uji Normalitas, Goodness of fit, Regression Weigh. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat jalur hubungan yang berpengaruh signifikan yaitu, hubungan sikap ekonomis terhadap persepsi penerimaan harga, hubungan persepsi kualitas terhadap persepsi nilai, hubungan persepsi penerimaan harga terhadap persepsi nilai, hubungan persepsi nilai terhadap minat membeli. Satu hubungan tidak berpengaruh signifikan yaitu hubungan harga terhadap persepsi penerimaan harga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu sebagai berikut: Bagi Pihak Produsen , agar lebih jeli lagi dalam memahami kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia. Karena masyarakat Indonesia cenderung konsumtif dan sangat mudah terpengaruh oleh produk baru, sehingga perusahaan harus benar-benar memperkuat brand image produk agar merek tersebut muncul untuk pertama kali saat konsumen ingin membeli suatu produk. kata kunci : Harga, Sikap Ekonomis, Persepsi Kualitas Merek, Persepsi Penerimaan Harga, Persepsi Nilai, dan Minat Beli

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 16:58
    Last Modified: 15 Jul 2013 16:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4503

    Actions (login required)

    View Item