PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PRINTING PADA PT. DANLIRIS SUKOHARJO

SELVIANA, ANITA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PRINTING PADA PT. DANLIRIS SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1110Kb)

    Abstract

    Tugas Akhir ini berjudul “ Penerapan Strategi Pemasaran Produk Printing Tekstil Pada PT. Danliris Sukoharjo”. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pemasaran yang dilakukan PT. Danliris. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang digunakan PT.Danliris. Pengumpulan data dengan data primer dengan bertanya kepada pihak perusahaan dan sekunder melalui data-data perusahaan,teknik pembahasannya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil strategi segmentasi yang digunakan PT. Danliris adalah segmentasi industri yang terbagi menjadi lima, yaitu agen, toko, konveksi/garmen, perusahaan tekstil, dan pengguna akhir. Target pasar sasaran menggunakan metode pemasaran dibedakan (differentiated market ) di mana target yang dipilih merupakan tiga segmen dengan volume penjualan tertinggi kemudian menawarkan jenis produk kain yang berbeda, yaitu Cotton dan Tetron Cotton. Dalam strategi penempatan produk, PT. Danliris. menggunakan slogan perusahaan yaitu “Moving Together Towart Excellence" ( Maju Bersama Menjadi yang Terbaik" ). Dengan motto tersebut PT. Danliris ingin menciptakan citra baik perusahaan kepada masyarakat bahwa perusahaan selalu berusaha menjadi yang terbaik untuk masyarakat luas. Dalam positioning PT. Danliris menggunakan variabel atribut yaitu : produk yang dimiliki perusahaan memiliki ciri khas yang terletak pada motif yang lebih lengkap dan sesuai dengan kondisi pasar seperti salur, garis, kotak dan bunga serta dan variabel pesaing yaitu : pesaing yang paling menonjol saat ini PT. Kusuma Mulia & PT. Kusumahadi tetapi dalam hal ini PT. Danliris lebih menguntungkan karena pemasaran mereka lebih luas. Sedangkan pada harga yang ditetapkan adalah harga premium dengan kualitas baik dan dalam penetapannya sesuai dengan biaya yang dikeluarkan untuk produksi setelah disesuaikan dengan laba yang diharapkan. Promosi yang dilakukan juga beragam, mulai dari iklan, promosi penjualan, dan penjualan perseorangan. Untuk daerah pemasarannya sendiri divisi penjualan finish / printing memasok ke beberapa daerah yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DIY, Sumatera, dan Sulawesi. Berdasarkan hasil di atas, dapat dikemukakan beberapa saran, yaitu : untuk segmentasi sebaiknya ditingkatkan karena segmen pasar yang dituju hanya sedikit. Untuk targeting :sebaiknya tetap dipertahankan. Untuk positioning : hendaknya perusahaan lebih bisa menginformasikan keunggulan produk kepada konsumen. Untuk produk: hendaknya perlu ditingkatkan jenis produk yang lebih inovatif sesuai selera pasar serta tetap menjaga kualitas. Untuk promosi : sebaiknya ditingkatkan lagi pada promosi penjualan dengan mengirimkan sampel-sampel setiap ada produk yang baru. Untuk saluran distribusi : hendaknya memperluas saluran distribusi di seluruh wilayah Indonesia agar meningkatkan penjualan. Keyword : strategi pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 15 Jul 2013 16:55
    Last Modified: 15 Jul 2013 16:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4473

    Actions (login required)

    View Item