PROSEDUR PENGELOLAAN DOKUMEN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI PT KONIMEX PHARMACEUTICAL LABORATORIES SUKOHARJO

SETYASRI, PRISKA DEVI (2011) PROSEDUR PENGELOLAAN DOKUMEN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI PT KONIMEX PHARMACEUTICAL LABORATORIES SUKOHARJO. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (844Kb)

    Abstract

    Dokumentasi adalah proses mendokumentasikan segala hal yang menyangkut prosedur. Dokumentasi diperlukan dalam suatu perusahaan karena dengan adanya dokumen ada peninjauan ulang tentang pekerjaan yang dilakukan. Kegiatan dokumentasi melibatkan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, pemilihan dokumen sesuai dengan kebutuhan dokumentasi yang memungkinkan isi dokumen dapat diakses, pemrosesan, mengklasifikasikan dan mengindeks, menyiapkan, menyimpan dokumen, pencarian kembali dan penyajiannya. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana atau gambaran secara umum tentang prosedur pengelolaan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) di PT. Konimex, bagaimana pengelola menangani dokumen masuk sampai ke pemusnahannya. Jenis pengamatan yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode yang tidak terbatas hanya sampai pada pengumpulan dan penyusunan data, tetapi meliputi analisa dan intepretasi tentang arti data itu. Penyelidikan deskriptif tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Prosedur pengelolaan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) di PT. Konimex disusun untuk menjadi pedoman dalam menangani dokumen dan rekaman yang ditangani secara sentral maupun desentral. Prosedur pengelolaan Dokumen terdiri dari beberapa tugas pokok yaitu: Memproses permintaan Evaluasi Draft Dokumen, Memproses Persetujuan Akhir Dokumen, Menangani Penarikan Dokumen, Menangani Review Dokumen dan pemusnahan dokumen. Dalam pelaksanaannya pengelolaan dokumen SOP dicatat dalam buku sesuai dengan alur tugas tersebut. Pencatatan ini dilakukan untuk memantau proses perputaran dokumen ke beberapa pihak yang bersangkutan untuk mendapatkan persetujuan sah dan kemudian dapat digunakan oleh bagian pembuat sebagai acuan melaksanakkan pekerjaan Berdasarkan hasil pengamatan Prosedur Pengelolaan Dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) di PT. Konimex maka dapat diambil kesimpulan bahwa Prosedur pengelolaan dokumen SOP diperlukan dalam suatu perusahaan digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pekerjaan sehingga perusahaan tidak tergantung pada orang tapi pada sistem yang ditetapkan. Kelancaran sebuah prosedur yang baik tidak lepas dari personil, teknologi dan faktor pendukung lainnya. Jika dalam pelaksaanaan terdapat personil, teknologi, sarana dan prasarana yang sedikit maka dapat menghambat waktu proses pengelolaan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya penambahan personil, teknologi (komputer) agar tidak ada kerugiaan waktu dalam prosedur pengelolaan dokumen dan tidak banyak dokumen yang menumpuk.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 15 Jul 2013 16:51
    Last Modified: 15 Jul 2013 16:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4468

    Actions (login required)

    View Item