AKTIFITAS PRODUKSI BIRO IKLAN DALAM KERANGKA MARKETING DI CV. BIAS ADI WARNA SEJATI (BIAS PERIKLANAN SOLO)

Mindawarman, Ade (2011) AKTIFITAS PRODUKSI BIRO IKLAN DALAM KERANGKA MARKETING DI CV. BIAS ADI WARNA SEJATI (BIAS PERIKLANAN SOLO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (495Kb)

    Abstract

    Di zaman global sekarang ini, ditandai oleh berbagai peningkatan tempo kehidupan, sebagai akibat dari meningkatnya kecepatan di dalam berbagai bidang produksi, konsumsi, dan hiburan. Ekonomi global yang dikendalikan sistem kapitalisme menjadi sebuah arena tempat perlombaan kecepatan, persaingan, kepanikan dan kegilaan. Pendidikan global menjadi sebuah ruang kelas tempat kecerdasan, keterampilan, dan kreativitas dikomodifikasikan. Melalui pendidikan diciptakannya Sumber Daya Manusia (SDM) yang pragmatis untuk menjawab tantangan global tersebut. Tidak dapat dipungkiri, pendidikan juga membentuk kaum-kaum intelektual yang diharapkan memberikan peranan sebagai penyumbang kemajuan dan pembangunan bangsa, national building sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas masing-masing. Setiap tahun universitas-universitas di Indonesia menghasilkan komoditaskomoditas pendidikan dengan berbagai capaian prestasi termasuk Universitas Sebelas Maret didalamnya. Akan tetapi, hal tersebut belum dapat dikatakan suatu keberhasilan. Karena, yang seharusnya menjadi pemecah kebuntuan justru menjadi penambah problematika bangsa; pengangguran. Kecerdasan, keterampilan, dan kreatifitas dan jenjang profesionalitas tidaklah cukup untuk mengikuti laju arus kecepatan ekonomi global, memerlukan mental yang tangguh, keuletan, dedikasi tinggi, dan tentunya realitas kehidupan masyarakat sekarang ini. Satu hal yang luput disadari adalah bagaimana kita melihat masyarakat pada umumnya yang mampu beradaptasi, mengantisipasi laju dinamika perubahan yang sangat cepat pasti akan survive. Sebaliknya yang tidak memiliki kemampuan melakukan perubahan akan tersingkir dari permainan, sehingga menjadikan kepanikan-kepanikan dan kegilaan-kegilaan di tengah komunitas masyarakat. Bagi sebagian orang pengalaman kehidupan sehari-hari (praktek) lebih berarti daripada pendidikan formal. Berangkat dari pemikiran tersebut Program Diploma III Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) menuntut mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) yang berorientasi pada soft skills, dan kerja nyata di media-media sesuai konsentrasi mahasiswa masing-masing. Oleh karena itu, dalam Kuliah Kerja Media (KKM) ini membutuhkan media partner dalam bekerjasama dengan instansi-instansi atau perusahaanperusahaan sebagai penilai tolak ukur kemampuan mahasiswa dalam menyerap pendidikan melalui perkuliahan guna menghadapi persaingan terbuka dan arus ekonomi global di kelak kemudian hari. Usaha berskala lokal karesidenan Surakarta di bidang periklanan ini, dibidani seorang pemuda yang merintis awal kariernya dari nol di sebuah biro iklan yang cukup ternama di kawasan regional Jawa Tengah. Sebelum akhirnya mendirikan sendiri yang kemudian diberi nama BIAS ADI WARNA SEJATI di medio tahun 2004. Awal perkenalan dengan penulis, ditandai dengan project wall painting, yang waktu itu penulis adalah pekerja/ karyawan di salah satu perusahaan rokok berskala nasional yaitu PT. Bentoel Prima yang sekarang setelah di akuisisi oleh British American Tobbacos (BAT) berubah nama menjadi menjadi PT. Bentoel International Investama Tbk. sebagai promotion representative perusahaan tersebut. Bisa dikatakan bahwa Bias Periklanan merupakan biro iklan yang dapat berkembang dengan pesat. Karena dalam tempo tidak lebih dari 7 tahun, perputaran financial biro iklan ini sudah mencapai angka lebih dari 1 (satu) Milyar per tahun. Dimana project awal yang sepengetahuan penulis (project wall painting) adalah tidak lebih dari 10 (sepuluh) juta. Keuletan dan konsistensi biro iklan ini membuat dipercaya untuk menangani kegiatan advertising berbagai perusahaan berskala nasional dengan berbagai varians produknya, diantaranya; · PT. Bentoel International Investama Tbk. - Bentoel Biru - Bentoel Sejati - Bintang Buana Filter - Bintang Buana Raya - Star Mild - Uno Mild - X Mild - Country - Pall Mall - Dunhill - Lucky Strike - dan masih banyak yang lain. · PT. Santos Jaya Abadi - YA kopi · PT. Menara Kartika Buana - Menara Special - Menara Khatulistiwa · PT. TELKOM - Speedy - Plaza Telkom · PT. TELKOMSEL Indonesia - Simpati · PT. Coca-Cola Bottling Amatil - Sprite (d’plong) · PT. Excellcomindo - XL · Dan masih banyak yang lain. Hal inilah yang membuat penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) pada biro iklan yang berprinsip “The harder you work, The luckier you get” ini. Penulis berharap mendapatkan tambahan jam terbang dalam dunia periklanan, relationship, dan kondisi di lingkungan kerja yang dinamis. Selain itu juga dapat mengaplikasikan sebagian ilmu-ilmu yang di dapat di perkuliahan khususnya konsentrasi periklanan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 16:48
    Last Modified: 15 Jul 2013 16:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4465

    Actions (login required)

    View Item