Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018 / 2019

FAUZYAH, RIZKY (2019) Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018 / 2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (245Kb)

    Abstract

    Rizky Fauzyah. PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018 / 2019, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh kelompok teman sebaya (X1) terhadap motivasi belajar (Y) peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019; (2) Pengaruh perhatian orang tua (X2) terhadap motivasi belajar (Y) peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019; (3) Pengaruh kelompok teman sebaya (X1) dan perhatian orang tua (X2) secara bersama-sama terhadap motivasi belajar (Y) peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 107 peserta didik. Sampel yang diambil berjumlah 83 peserta didik berdasarkan tabel Krejcie-Morgan dengan tingkat keandalan 90%. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket/ kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan analisis korelasi dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kelompok teman sebaya (X1) terhadap motivasi belajar (Y) peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua (X2) terhadap motivasi belajar (Y) peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kelompok teman sebaya (X1) dan perhatian orang tua (X2) secara bersama-sama terhadap motivasi belajar (Y) peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Surakarta. Persamaan regresi linier ganda Ŷ = 11,855 + 0,242 X1 + 0,452 X2. Sumbangan relatif (X1) terhadap (Y) sebesar 27,13% dan sumbangan relatif (X2) terhadap (Y) sebesar 72,87%. Sedangkan sumbangan efektif (X1) terhadap (Y) sebesar 10,88% dan sumbangan efektif (X2) terhadap (Y) sebesar 29,22%. Kata kunci: kelompok teman sebaya (peer group), perhatian orang tua, motivasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 18:49
    Last Modified: 31 Aug 2019 18:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44236

    Actions (login required)

    View Item