Pengaruh Sel-Regulated Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

SHOLEHAH, SALSABIILA (2019) Pengaruh Sel-Regulated Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    Tingginya prokrastinasi akademik disfungsional pada tugas kuliah dan belajar menghadapi ujian mencerminkan rendahnya etos kerja mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik; (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik; (3) pengaruh self-regulated learning dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015, 2016, dan 2017 sebanyak 133 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik, ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000 (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik, ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,002 (p < 0,05); (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara self-regulated learning dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji F 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa meminimalisir prokrastinasi akademik melalui peningkatan self-regulated learning dan motivasi berprestasi. Kata Kunci: self-regulated learning, motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 18:40
    Last Modified: 31 Aug 2019 18:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44235

    Actions (login required)

    View Item