PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEGIATAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III SDN 2 TANAHSARI TAHUN AJARAN 2018/2019

AULIA, RIZKI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEGIATAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III SDN 2 TANAHSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizki Aulia. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEGIATAN JUAL BELI PADA SISWA KELAS III SD N 2 TANAHSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model role playing dengan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas III, (2) untuk meningkatkan pembelajaran IPS melalui model role playing dengan media audio visual pada siswa kelas kelas III, (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model role playing dengan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah penerapan model role playing dengan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang jual beli dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: a) menetapkan topik atau masalah serta tujuan yang hendak dicapai melalui penayangan video, (b) memberikan gambaran masalah dalam situasi yang akan diperankan, (c) menetapkan pemain yang akan berperan, (d) memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, (e) mengamati dan membimbing bermain peran, (f) mengevaluasi peran, materi, dan drama yang dimainkan, (g) melakukan diskusi tentang drama atau materi yang disimulasikan, (h) merumuskan kesimpulan, (i) evaluasi; (2) penerapan model role playing dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang jual beli pada siswa kelas III SD N 2 Tanahsari tahun ajaran 2018/2019 yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yaitu 67,5% pada siklus I, 77,5% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; 3) kendala penerapan model role playing dengan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang kegiatan jual beli pada siswa kelas III yaitu: siswa belum menjiwai karakter peran yang dimainkan dengan baik. Adapun solusi yang diberikan peneliti yaitu: siswa diberikan motivasi oleh guru agar berani berekspresi, berani, dan lebih percaya diri saat memainkan drama. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model role playing dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jual beli pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tanahsari tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: role playing, audio visual, pembelajaran IPS � ABSTRACT Rizki Aulia. THE APPLICATION OF ROLE PLAYING LEARNING MODEL WITH AUDIO VISUAL MEDIA TO IMPROVE SOCIAL SCIENCES LEARNING ABOUT SELLING BUYING ACTIVITIES IN GRADE III STUDENTS SD N 2 TANAHSARI IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. Thesis. Teacher Training and Education Faculty Universitas Sebelas Maret Surakarta, May 2019. This study aimed (1) to describe the application of the role playing model with audio visual media to improve social studies learning in third grade students, (2) to improve social studies learning through a role playing model with audio-visual media for third grade students, and (3) to describe the obstacles and solutions to the application of role playing models with audio visual media to improve social studies learning in third grade students. This study used a collaborative classroom action research conducted in three cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were teachers and third grade students. Data collection techniques used test techniques, observation, and interviews. Data validity test used technical triangulation and source triangulation. Data analysis included data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study indicated that: 1) the steps for implementing the role playing model with audio visual media to improve social studies learning about buying and selling were carried out by the followingsteps: a) determining the topic or problem and the objectives to be achieved through video viewing, (b) providing a description of the problem in the situation to be played, (c) determining the players who will play a role, (d) providing opportunities for students to ask, (e) observing and guiding role playing, (f) evaluating roles, material, and drama played, (g) conducting discussions about simulated drama or material, (h) formulating conclusions, (i) evaluating; (2) the application of the role playing model with audio visual media could improve social studies learning outcomes about buying and selling in third grade students of SD N 2 Tanahsari in Academic Year 2018/2019 which can be seen from the percentage of students’ completeness which was 67.5% in cycle I, 77.5% in cycle II, and 90% in cycle III; 3) constraints on the application of role playing models with audio-visual media to improve social studies learning about buying and selling activities in third grade students, namely: students have not thoroughly played the the role characters that are played well. The solutions given by the researcher are: students are given motivation by the teacher to be brave to express, brave, and more confident when playing drama. The conclusion of this study is that the application of the role playing model with audio visual media could improve social studies learning about buying and selling in third grade students of SD Negeri 2 Tanahsari in Academic Year 2018/2019. Keywords: role playing, audio visual, learning IPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 18:36
    Last Modified: 31 Aug 2019 18:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44234

    Actions (login required)

    View Item