Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) dalam Peningkatan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Tema 6 Cita-Citaku di Kelas IV SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019

S, MARCHELINA DWI (2019) Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) dalam Peningkatan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Tema 6 Cita-Citaku di Kelas IV SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    Marchelina Dwi Saputri. K7115099. PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DALAM PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI 1 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Mei 2019. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) menganalisis langkah-langkah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE); (2) meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran IPA tema 6 Cita-citaku di kelas IV SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019; serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Predict Observe Explain (POE) dalam peningkatan berpikir kritis pada pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku di kelas IV SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model Predict Observe Explain (POE) dan data kuantitatif yaitu tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Predict Observe Explain (POE) dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pemberian orientasi dan motivasi, (b) pengenalan eksperimen, (c) penentuan prediksi, (d) pelaksanaan observasi, (e) penjelasan, (f) follow up; (2) penerapan model Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku di kelas IV SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil tes berpikir kritis pada siklus I sebesar 68,75%, siklus II 84,375%, dan siklus III yaitu 87,5%, Hasil tersebut didukung dengan persentase hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 67,96%, siklus II 80%, siklus III yaitu 86,9%; (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) siswa menulis hasil prediksi dan hasil pangamatan membutuhkan waktu lama, (b) siswa kurang fokus pada saat pembelajaran. Solusi dari kendala yang ditemui yaitu (a) guru memberikan waktu tambahan, memberikan batasan waktu dan motivasi agar siswa menulis hasil prediksi dan hasil observasi dengan tepat waktu, (b) guru memberikan ice breaking saat siswa mulai kurang fokus pada pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran IPA Tema 6 Cita-citaku di kelas IV SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Predict Observe Explain (POE), berpikir kritis, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 18:29
    Last Modified: 31 Aug 2019 18:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44232

    Actions (login required)

    View Item