Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Materi Operasi Hitung Pembagian pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Tunggulsari 1 No.72 Tahun Ajaran 2018/2019

ROHMAH, AISYAH AL (2019) Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Materi Operasi Hitung Pembagian pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Tunggulsari 1 No.72 Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan pemecahan masalah materi pembagian peserta didik kelas 2 SDN Tunggulsari 1 No. 72 tahun ajaran 2018/2019. Keterampilan pemecahan masalah penting dalam kehidupan. Berbagai kendala dalam hidup bahkan saat belajar membutuhkan penyelesaian dengan keterampilan pemecahan masalah. Penerapan pembagian pun ada di setiap bidang kehidupan, mulai dari jual beli, statistik, dan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan penedekatan studi kasus terpancang tunggal. Penelitian ini merupakan rekomendasi untuk penelitian lainnya tentang keterampilan pemecahan masalah materi pembagian pada peserta didik kelas 2. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Peserta didik dan guru kelas sebagai sumber data dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara sebagai utama serta teknik dokumentasi dan tes sebagai teknik pendukung. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi dengan uji keabsahan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis komponen untuk menganalisis langkah penyelesaian yang sesuai dengan indikator keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas 2 memiliki keterampilan pemecahan masalah yang cukup. Hasil analisis penyelesaian soal tes yang diberikan peneliti menunjukkan peserta didik dapat menuliskan 2 indikator dari 4 indikator keseluruhan. Indikator yang muncul adalah indikator memahami masalah dan melaksanakan rencana, sedangkan indikator membuat rencana dan memeriksa hasil serta proses penyelesaian. Peserta didik tidak menuliskan kesimpulan pada setiap hasil penyelesaian dan tidak memisahkan hal yang diketahui apa saja, mereka menuliskan soal kembali pada langkah memahami masalah kolom menuliskan hal yang diketahui. Kata Kunci:analisis keterampilan, pemecahan masalah, pembagian, sekolah dasar, indikator.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 17:06
    Last Modified: 31 Aug 2019 17:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44231

    Actions (login required)

    View Item