PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA PEMERINTAHAN DESA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 TUGU JUMANTONO TAHUN AJARAN 2017/2018

P, ARIF GUNAWAN (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LEMBAGA PEMERINTAHAN DESA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 TUGU JUMANTONO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep Lembaga Pemerintahan Desa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Tugu Jumantono Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Tugu Jumantono yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pemahaman konsep Lembaga Pemerintahan Desa meningkat melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Tugu Jumantono. Peningkatkan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata pemahaman konssep Lembaga Pemerintahan Desa sebesar 61,30 dengan ketuntasan klasikal 33% atau sebanyak 7 siswa dari 21 siswa dianggap tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep Lembaga Pemerintahan Desa sebesar 70,38 dengan ketuntasan klasikal 57,14% atau sebanyak 12 siswa dari 21 siswa tuntas. Pada siklus II meningkat menjadi 79,81 dengan ketuntasan klasikal 85,71% atau sebanyak 18 siswa dari 21 siswa tuntas. Simpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan pemahaman konsep Lembaga Pemerintahan Desa pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Tugu Jumantono Tahun Ajaran 2017/2018.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:58
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44229

    Actions (login required)

    View Item