Efektivitas Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Tunarungu Kelas II SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019

HIJRIYA, CAHYA PUTRIE (2019) Efektivitas Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Tunarungu Kelas II SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (151Kb)

    Abstract

    Cahya Putrie Hijriyana. K5115015. EFEKTIVITAS METODE PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM (PECS) TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK TUNARUNGU KELAS II SLB-B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2019. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas metode Picture Exchange Communication System (PECS) untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak tunarungu kelas II SLB-B Karnnamanohara Yogyakata tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, di mana sekelompok subjek diberikan perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas II SLB-B Karnnamanohara Yogyakata yang berjumlah 6 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, jenis tes dibagi menjadi dua; tes tulis dan tes lisan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test) dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui hasil penelitian tes tulis nilai adalah sebagai berikut, Zhitung = 2,201 dengan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,028 pada taraf signifikan α = 0,05. Sedangkan, pada tes lisan, Zhitung = 2,207 dengan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,027 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Picture Exchange Communication System (PECS) efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak tunarungu kelas II SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: metode Picture Exchange Communication System (PECS), kosakata bahasa Indonesia, tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:43
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44224

    Actions (login required)

    View Item