Proses Pembelajaran Seni Henna Di Komunitas Halo Henna Artist Solo Raya Tahun 2019

Rizkitawati, Tria (2019) Proses Pembelajaran Seni Henna Di Komunitas Halo Henna Artist Solo Raya Tahun 2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tria Rizkitawati K3215058. PROSES PEMBELAJARAN SENI HENNA DI KOMUNITAS HALO HENNA ARTIST SOLO RAYA TAHUN 2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) latar belakang terbentuknya komunitas Halo Henna Artist Solo Raya (2) pelaksanaan proses pembelajaran seni henna di komunitas Halo Henna Artist Solo Raya ditinjau dari komponen pembelajaran, dan (3) visualisasi hasil karya henna artist di komunitas Halo Henna Artist Solo Raya. Penelitian ini dilaksanakan di Komunitas Halo Henna Artist Solo Raya yang berlokasi di Griya Pandeyan, Desa Pandeyan Rt 01/ Rw 05 Ngemplak Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data informan Co-founder komunitas yaitu Magenta. Strategi penelitian bersifat tunggal terperancang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data wawancara mendalam,observasi dan analisis dokumen. Uji validitas yang digunakan triangulasi data dan riview Informan sedangkan analisis yang digunakan adalah model analisis mengalir atau flow model of analiysis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah : (1) Latar belakang yang mendasari terbetuknya Komunitas Halo Henna Artist Solo Raya adalah untuk membuat wadah bagi pecinta seni henna di kota Surakarta dan adanya keinginan untuk belajar seni henna bersama di dalam sebuah komunitas. (2) Proses pembelajaran yang dilakukan Komunitas Halo Henna Artist Solo Raya dilaksanakan melalui gathering dan melalui workshop. Pembelajaran melalui gathering dilakukan oleh anggota komunitas dengan proses pembelajaran diskusi dan sharing . Sementara proses pembelajaran melalui workshop dilakukan secara langsung dengan melakukan proses menggambar seni henna bersama anggota maupun komunitas. Proses pembelajaran yang dilaksanakan Komunitas Halo Henna Artist Solo Raya menggunakan metode eksperimental, metode demonstrasi, metode ceramah, metode drill dan metode diskusi. Materi disampaikan dengan cara ceramah, demonstrasi dan diskusi, baik kelompok ataupun antar individu. Media pembelajaran yang digunakan yaitu contoh hasil karya seni henna anggota, baik berupa hasil karya asli ataupun melalui foto, tutorial video. Evaluasi dilakukan dengan cara diskusi dan sharing. (3) Visualisasi hasil karya anggota Komunitas Halo Henna Artist Solo Raya mencakup prinsip desain, unsur visual, dan teknik. Kata kunci : proses pembelajaran,seni henna, komunitasHalo Henna Artist Solo Raya, visualisasi karya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:38
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44222

    Actions (login required)

    View Item