Pembelajaran Seni Lukis dengan Media Soft Pastels di Sanggar Seni Dayeuh Kolot, Desa Buara, Ketanggungan, Brebes

Nisa, Lutfatun (2019) Pembelajaran Seni Lukis dengan Media Soft Pastels di Sanggar Seni Dayeuh Kolot, Desa Buara, Ketanggungan, Brebes. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (244Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lutfatun Nisa. PEMBELAJARAN SENI LUKIS DENGAN MEDIA SOFT PASTELS DI SANGGAR SENI DAYEUH KOLOT, DESA BUARA, KETANGGUNGAN, BREBES. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei. 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran melukis dengan media soft pastels di Sanggar Seni Dayeuh Kolot ditinjau dari komponen pembelajarannya? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran seni lukis dengan media soft pastels di Sanggar Seni Dayeuh Kolot? Bentuk penelitian ini studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat, peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis model alir (flow model) yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran seni lukis dengan media soft pastels di Sanggar Seni Dayeuh Kolot mempunyai tujuan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri melalui kesenirupaan, mengembangkan bakat dan minat anak, mengembangkan apresiasi anak, dan menumbuhkan rasa suka terhadap kesenian. Materi yang diajarkan disesuaikan dengan tingkatan usia peserta didik. Metode yang digunakan berupa ceramah, demonstrasi, eksperimen, dan mencontoh. Media pembelajaran yang digunakan yaitu karya lukisan pendidik. Sumber pembelajaran diperoleh dari pengalaman pendidik dan peserta didik, lingkungan sekitar, dan akses internet. Belum terdapat suatu modul sehingga materi pembelajaran belum tersusun secara sistematis. Evaluasi dilakukan secara lisan saat proses pembelajaran dan sesudah proses pembelajaran lebih menitikberatkan pada segi psikomotorik meliputi hasil karya dan proses berkarya. Faktor pendukung yaitu dalam beberapa kesempatan, peserta didik dapat studi seni lukis dari pakarnya secara langsung karena ketua sanggar mempunyai teman seorang pelukis kelas nasional yang bersedia berbagi ilmu. Faktor penghambat pembelajaran seni lukis di Sanggar Seni Dayeuh Kolot di antaranya sarana pembelajaran yang belum memadai, adanya kegiatan di luar sanggar yang berbenturan dengan jadwal kelas seni lukis di sanggar, ketidaktersediaan modul, latar belakang pendidik yang tidak berbasik pendidikan seni yang mempengaruhi pembelajaran dalam hal penyampaian materi dan evaluasi. Kata kunci: pembelajaran, seni lukis, soft pastels, Sanggar Seni Dayeuh Kolot

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:36
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44221

    Actions (login required)

    View Item