Proses Pelaksanaan Pembelajaran Menggambar Secara Online di Sanggar Lukis Anak Jenthik Kencana Pengging, Banyudono, Boyolali

IHSAN, THOLIB (2019) Proses Pelaksanaan Pembelajaran Menggambar Secara Online di Sanggar Lukis Anak Jenthik Kencana Pengging, Banyudono, Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (349Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tholib Ihsan. K3214046. PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SECARA ONLINE DI SANGGAR LUKIS ANAK JENTHIK KENCANA PENGGING, BANYUDONO, BOYOLALI. Skripsi, Surakara: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran menggambar secara online di Sanggar Lukis Anak Jenthik Kencana (2) Sistem evaluasi hasil karya anak yang mengikuti kegiatan pembelajaran menggambar secara online (3) Hasil karya anak yang mengikuti kegiatan pembelajaran menggambar secara online. Penelitian ini dilaksanakan di Sanggar Lukis Anak Jenthik Kencana Pengging, Banyudono, Boyolali. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah informan bapak Ulil Albab Al Istihar, dokumen, tempat dan peristiwa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, menganalisis arsip atau dokumen, dan observasi. Teknik uji validitas data yaitu triangulasi data dan reviu informan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah : Proses pelaksanaan pembelajaran menggambar secara online di Sanggar Lukis Anak Jenthik Kencana terdapat 3 tahapan: pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tujuan pembelajaran online yaitu memberikan cara belajar yang praktis dan mudah dipahami dalam menambah pengetahuan anak dan orang tua melalui kegiatan menggambar dan mewarnai. Materi dibuat dalam bentuk foto tahap demi tahap dan menggunakan CD/DVD tutorial serta buku berjudul Tutorial Menggambar dan Mewarnai untuk Anak “Kuas Pelangi”. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran quantum yang mengedepankan unsur kebebasan, santai dan menyenangkan. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa yang rutin belajar, aktif bertanya jawab dan berlatih setiap hari dengan jarak jauh lewat teknologi. Media pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, smartphone dan komputer/laptop dengan didukung perangkat lunak aplikasi, serta alat peraga yaitu kertas, spidol, pensil, alat kerok, kuas dan pastel minyak. Proses evaluasi dilakukan oleh admin beriringan dengan proses pembelajaran online. Pemberian nilai menggunakan poin dengan rentang 1-5 poin sesuai dengan indikator ketentuan dari sanggar. Kata Kunci : pembelajaran online, menggambar, anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:33
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44220

    Actions (login required)

    View Item