Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Material Air Filter Berbahan Baku Ampas Aren, Kulit Durian, dan Sekam Padi Terhadap Emisi Gas Buang pada Selang Peredam Knalpot di Bengkel

ROSYAD, DANA MIFTAHUR (2019) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Material Air Filter Berbahan Baku Ampas Aren, Kulit Durian, dan Sekam Padi Terhadap Emisi Gas Buang pada Selang Peredam Knalpot di Bengkel. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Dana Miftahur Rosyad. K2514020. STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI MATERIAL AIR FILTER BERBAHAN BAKU AMPAS AREN, KULIT DURIAN DAN SEKAM PADI TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SELANG PEREDAM KNALPOT DI BENGKEL. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Iilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh penggunaan filter udara dengan bahan baku ampas aren, kulit durian dan sekam padi terhadap gas buang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Variasi jenis bahan filter yang digunakan adalah ampas aren, kulit durian dan sekam padi. Sampel penelitian ini adalah filter berbahan ampas aren, kulit durian, dan sekam padi yang diuji untuk menurunkan emisi gas buang motor Honda Supra X 125cc dengan sistem pembakaran karburator pada menit ke 5, 15, 30, 45, dan 60 menggunakan dengan alat ukur gas analyzer merk QROTECH tipe QRO-401. Pengumpulan data dilakukan dengan menghitung kemampuan rata-rata 3 filter tersebut untuk mereduksi emisi gas buang (CO, HC, CO₂, dan O₂). Analisis data menggunakan uji komparasi hasil emisi gas buang antar bahan filter. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, apabila suhu mesin motor semakin tinggi pada kondisi tanpa filter maka emisi gas buang CO meningkat, HC menurun, CO₂ stagnan/ naik turun sedikit dan O₂ menurun. Kedua, filter ampas aren dapat mereduksi (menurunkan) emisi gas buang CO 2,8% tetapi tidak mereduksi (meningkatkan) emisi gas buang HC 6%, CO₂ 16%, O₂ 4,5%, dan penggunaan filter ini meningkatkan suhu mesin 0,22%. Ketiga,filter kulit durian dapat mereduksi (menurunkan) emisi gas buang HC 10%, O₂ 5,9%, CO₂ 2,18% tetapi tidak mereduksi (meningkatkan) emisi gas buang CO 13,27% dan penggunaan filter ini menurunkan suhu mesin 0,16%. Keempat, filter sekam padi dapat mereduksi (menurunkan) emisi gas buang CO 19,9%, CO₂ 5%, HC 2% tetapi dapat memperkaya emisi gas buang O₂ 5% dan penggunaan filter ini meningkatkan suhu mesin 1,13%. Kata kunci: filter udara, emisi gas buang, ampas aren, kulit durian dan sekam padi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:23
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44216

    Actions (login required)

    View Item