PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 5 SURAKARTA

P, SINTA AYU (2019) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (111Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sinta Ayu Parameswari. K2312066. PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 5 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa; 2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa; dan 3) ada atau tidak adanya interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E melalui metode eksperimen dan demonstrasi dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 5 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 3 dan X MIA 4 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk data motivasi belajar siswa dan teknik tes untuk data kemampuan kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada perbedaan pengaruh model Learning Cycle 5E metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa (Fa=6,857 > F0,05;1;56= 4,016). Siswa yang dibelajarkan melalui model Learning Cycle dengan metode eksperimen memiliki kemampuan kognitif lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi; 2) ada perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (Fb = 23,147> F0,05;2;57=3,166). Motivasi belajar siswa ketegori tinggi dan sedang memberikan pengaruh terhadap kemampuan kognitif lebih baik daripada motivasi belajar siswa kategori rendah.; dan 3) tidak ada interaksi pengaruh antara penerapan model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif (Fab=1,404

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Kusuma Dimas Hanifan Vijaya
    Date Deposited: 31 Aug 2019 16:21
    Last Modified: 31 Aug 2019 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/44215

    Actions (login required)

    View Item